Realisasi BBN KB Bone Sudah 86,5 Persen

RAKYATBERSATU.COM.- Hingga 11 Desember Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pendapatan Wilayah Bone sudah merealisasikan peneriman pajak kendaraan bermotor (PKB) sebesar Rp 54.048.315.336 atau sudah mencapai 95,2 persen dari target yang dipatok sebesar Rp 56.745.583.000.

Sedangkan realisasi bea balik nama kendaraan bermotor (BBN-KB)sudah mencapai Rp 35.972.715.500 atau sudah mencapai 86,5 persen dari target sebesar Rp 41.804.415.000.

Hal tersebut diungkapkan Kepala UPT Pendapatan Wilayah Bone, Drs Arwin Jalil, M.si saat mewakili Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Sulsel, membuka Sosialisasi Pajak Daerah di Hotel Artha Inn Watampone, Bone, Selasa (11/12/2018).

Arwin optimistis, dalam beberapa hari ke depan, realisasi akan tercapai sesuai target. Harapannya, pelanggan Samsat segera memenuhi kewajibannya.

Sosialisasi diikuti 130 peserta yang terdiri dari tokoh masyarakat setempat, pemuda, mahasiswa, dan masyarakat umum. Hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua Komisi C DPRD Provinsi SulSel AM Irwan Patawari, S.Si, Kanit Regident Samsat Bone Iptu Bakri SH dan wakil dari PT Jasa Raharja Kabupaten Bone.

Dikatakan, sosialisasi ini digelar untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pajak daerah dan manfaatnya bagi masyarakat Sulsel, khususnya bagi warga Bone.

“Kami mengimbau, pelanggan Samsat membayar pajak tepat waktu. Sebab pajak itu akan dikembalikan kepada rakyat dalam bentuk pembangunan daerah,” katanya.

Selain mendorong warga untuk membayar pajak tepat waktu, Arwin juga mengapresiasi warga yang telah membayar pajak kendaraan bermotor (PKB) tepat waktu.

“Capaian UPT Bone hingga kini, sangat menggembirakan karena pajak kendaraan bermotor telah dicapai 95,2 persen dan itu akan tercapai dalam waktu yang tersisa,” katanya optimistis.

Dijelaskan, pajak yang dikelola Provinsi Sulsel berbeda dengan pajak yang dikelola kabupaten/ kota. Pajak daerah yang dikelola provinsi adalah Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB), Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor (PBBKB), Pajak Air Permukaan, dan Pajak Rokok. Kelima jenis pajak daerah ini dibagihasilkan kepada pemerintah kabupaten/ kota dengan persentase tertentu.

Sedangkan pajak yang dikelola sepenuhnya oleh pemerintah kabupten dan kota adalah, pajak hotel, pajak restoran, pajak hiburan, pajak reklame, pajak penerangan jalan, pajak mineral bukan logam dan batuan, pajak parkir, pajak air tanah, pajak sarang burung wallet, pajak bumi dan bangunan perdesaan dan perkotaan, serta bea perolehan hak atas tanah dan bangunan.

Ia menambahkan, tahun ini target PKB Bapenda Sulsel sebesar Rp 1.217.660.785.000 dan telah tercapai sebesar 91 persen. (wan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *