Wartawan Senior Leonard Leleng Ditipu

RAKYATBERSATU.COM. – Wartawan senior anggota PWI Sulsel, Leonard Leleng (78) yang sering disapa Pak Leo ditipu pria Herman sebesar Rp2 juta. Peristiwa ini terjadi 29 Maret 2018 malam di rumahnya Kompleks Perumahan Taman Sudiang Indah Blok B1 No 21, Kelurahan PAI, Kecamatan Biringkanaya, Makassar.

Dalam keterangannya, Jumat (27/7/18) Leonard yang sebelumnya bekerja di Harian Pedoman Rakyat itu mengisahkan, pada tanggal 28 Maret Herman bersama Ramli datang bertamu. Herman kenal dengan Ny Leonard (Lanna Kusuma) karena mereka pernah bertetangga di Jl Bandang, Makassar.

Keesokan harinya 29 Maret, Herman datang sendiri dan menawarkan kepada pasangan Leonard-Lanna membuka usaha pangkalan gas. Pelaku yang mengaku memiliki pangkalan gas di Pangkep, langsung meminta uang Rp14 juta untuk mengurus izin di Pertamina termasuk pembelian 150 tabung.

Pasangan lanjut usia itu tidak memiliki uang Rp14 juta, tapi hanya Rp2 juta. Herman setuju dan menandatangani kwitansi sebesar Rp2.000.000 sebagai tanda terima sesuai yang tertera di kwitansi 31/3/2018. Keesokan harinya pria ini datang lagi meminta tambahan Rp5 juta, tapi tidak diberikan.

Sebagai wartawan pemegang kartu PWI seumur hidup, Pak Leo mengecek ke Pertamina Jl Garuda. Ternyata karyawan di kantor BUMN ini tidak mengenal nama Herman.

Setelah dua bulan Herman tidak pernah nongol, Pak Leo melaporkan peristiwa itu kepada Polsek Biringkanaya, 22 Juni 2018. Laporan diterima BA SPKTU RU “A” Aiptu Sudirman D. Menurut polisi, pria Herman diduga melakukan tindak pidana “penipuan dan penggelapan” sebagaimana diatur dalam pasal 378/372 KUH-Pidana. Laporan Pak Leo tercatat pada nomor pengaduan: TLP/658/VI/2018/Restabes Mks/Sekta Biringkanaya.

Pak Leo meminta polisi bekerja profesional untuk mengusut tindakan penipuan dan penggelapan yang dilakukan pria Herman. “Saya sudah diperiksa dua kali, dan saya harap polisi serius mengusut kasus ini hingga tuntas,” ujarnya. (HM)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of