Dinas PKH Sulsel Target 2023, Nol Kasus

Sekretaris Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Sulsel, Dr Ir H Abdul Muas, M.Si didampingi  Kasubag Program DPKH Provinsi Sulsel, Ir H Andi Panggeleng, MM dalam acara forum rentra OPD, di Hotel Tulip Makassar, Rabu 12 Desember 2018.-nasrullah

RAKYATBERSATU.COM.- Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Provinsi Sulsel ingin kembali mengulangi status yang pernah disandangnya sebagai provinsi yang ‘nol kasus’ khususnya untuk penyakit antrax dan bruchellosis.

“Sulawesi Selatan pernah menyandang sabagai provinsi ‘nol kasus’ khususnya penyakit antrax dan bruchellosis. Ini yang ingin kita mau kembalikan,”ujar Sekretaris Dinas Peternakan dan Kesehatan Provinsi Sulsel, Dr Ir  H Abdul Muas, M.Si dalam acara Forum Rencana Strategis OPD Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Sulsel tahun 2018, di Hotel Tulip, Rabu 12 Desember 2018.

Abdul Muas yang didampingi Ketua Panitia, Ir H Andi Panggeleng, MM,  mengatakan, rencana strategis Dinas Peternakan Provinsi Sulsel telah menargetkan sampai 2023, Sulsel akan kembali menyandang ‘nol kasus; khususnya untuk kasus penyakit antrax dan bruchellosis.

Oleh Karen itu dalam forum renstra  DPKH Provinsi Sulsel, Abdul Muas meminta kepada peserta forum utamanya dari dinas peternakan kabupaten kota se Sulsel untuk saat ini segera melakukan langkah-langkah kongkrit  dalam rangka upaya untuk pengendalian penyakit di wilayahnya masing-masing.

“Kalau bisa daerah sudah harus melakukan atau menciptakan langkah-langkah antisipasi pencegahan penyakit,”saran Abdul Muas.

Terkait dengan pengendalian penyakit ternak, dalam forum renstra ini juga banyak peserta yang menyoroti  masih amburadulnya lalu lintas ternak. Tidak adanya sinergitas  pengawasan antara satu daerah dengan daerah lainnya.

Oleh karena itu, melalui forum ini, peserta meminta perlunya dibuatkan regulasi yang mendukung pengawasan lalulintas ternak di daerah lalu diperkuat dengan regulasi pemerintah provinsi Sulsel.

Masih dalam kaitan pengendalian penyakit, peserta juga meminta untuk kembali diprogramkan vaksinasi massal yang sekarang ini sudah tidak ada lagi.

Ketua Panitia Forum Rentra OPD Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Sulsel, Ir H Andi Panggelleng, mengatakan, peserta forum rentra DKPH Sulsel, adalah utusan dari dinas peterakan kabupaten kota atau dinas yang terkait bidang peternakan se Sulsel, Bappeda, asosiasi dan LSM.

Dia juga mengatakan, dalam forum renstra OPD, tampil dua pemateri, yakni dari Bappeda membawakan materi ‘Rancangan Awal RPJMD Provinsi Sulsel tahun 2018-2023. Lalu dari DPKH Provinsi Sulsel dibawakan Sekretaris DPKH Sulsel, Dr Ir H Abdul Muas, M.Si. Dan diakhir acara ini dilakukan penandatanganan berita acara forum rentra DPKH Provinsi Sulsel.-nasrullah-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *