PengProv FOKSI Sul-Sel Gelar Penataran Wasit Level Provinsi

Ketua PengProv FOKSI Sul-Sel, Drs. H. Muh. Yasin. AR, SH (Berdiri tengah paling belakang) berfoto bersama dengan pemateri dan peserta Penataran Wasit Daerah Provinsi Sul-Sel di Hotel Grand Aulia, Makassar, Jumat (28/12/2018)

RAKYATBERSATU.COM.-Pengurus Provinsi Federasi Olahraga Kabaddi Seluruh Indonesia (PengProv FOKSI) Sulawesi-Selatan menggelar penataran wasit level Provinsi Se-Sulawesi-Selatan yang berlangsung di Hotel Grand Aulia, Jl. Emmy Saelang, Makassar, Jumat (28/12/2018).

Tiga orang pemateri masing-masing Dr. H. Abraham Razak, M. Kes, Dr. Suwardi, M.Pd, dan Drs. H. Syamsuddin Umar secara bergantian didaulat oleh moderator, Dr. Rahmat Kasmad, M.Pd untuk memaparkan materinya masing-masing.

Materi Psikologi Perwasitan dikupas tuntas oleh Dr. Abraham Razak yang menekankan pentingnya para wasit membekali dirinya dengan mentalitas yang kuat sehingga dalam memimpin di lapangan tidak akan mudah tertekan secara psikologis. “Wasit harus bagus mentalnya dalam memimpin setiap pertandingan sehingga tidak mudah diintervensi oleh siapa pun,”jelas Abraham Razak.

Sementara materi Manajemen Perwasitan yang dipaparkan oleh Dr. Suwardi, mengatakan bahwa yang terpenting adalah penegakan rules atau aturan pertandingan yang mesti ditegakkan sebagaimana mestinya sehingga tak melahirkan protes-protes yang bisa membuat gaduh di lapangan.”Tegakkan saja rules yang telah disepakati dan jangan pernah ragu memberikan keputusan sepanjang itu sesuai aturan dan wasit juga siap dievaluasi setiap saat dan jangan selalu merasa benar tetapi kita tetap butuh koreksi dari orang lain,”ungkap Suwardi.

Materi pola pengembangan wasit berintegritas dan berdedikasi menurut Drs. Syamsuddin Umar, bahwa seorang wasit itu harus memiliki harga diri dengan tetap menjaga reputasinya sebagai pengadil yang mengedepankan kejujuran dalam memimpin suatu pertandingan. (Wahyudin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *