Telantarkan 86.720 Jemaah, Izin Operasional Abu Tours Dicabut

RAKYATBERSATU.COM. Investigasi yang dilakukan Tim Kementerian Agama RI beberapa bulan lalu terbukti jika Abu Tours banyak melakukan pelanggaran administrasi.Selain menelantarkan 86.720 jemaah yang belum berangkat, Abu Tours juga mengalami kesulitan keuangan, dan tidak mampu memberangkatkan jemaahnya. Karena itu Kementerian Agama memastikan mencabut izin operasional perusahaan travel haji ini.

Hal tersebut dikemukakan Kepala Bidang Penyelenggara Ibadah Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Sulsel, Kaswad Sartono, yang turut hadir pada konferensi pers penetapan tersangka CEO Abu Tours di Mapolda Sulsel, Jumat (23/3/2018).

Kaswad juga menyebut jika Abu Tours menggunakan uang yang disetor jemaah untuk investasi di bidang lain. Dan hal sudah menyalahi Peraturan Menteri Agama Nomor 18 tahun 2015.

“Karena itu, SK izin operasional Abu Tours akan segera kami cabut. SK itu bernomor 559 Tahun 2017 tanggal 12 Juli 2007. Insyaallah segera,” kata Kaswad.

Polda dan Kemenag, kata Kaswad akan tetap bekerja sama membentuk pelayanan pengaduan jemaah yang merasa dirugikan oleh Abu Tours.

Khusus untuk jemaah yang belum berangkat akan ada petunjuk teknis dari Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama RI.

“Sekarang ada dua pilihan, memberangkatkan atau terjadi refund. Oleh karena itu, surat dari Dirjen untuk memberangkatkan sudah kami sampaikan ke pihak Abu Tours,” imbuhnya.

Sebelumnya, CEO Abu Tours Travel, Muhammad Hamzah Mamba, ditetapkan tersangka oleh Ditreskrimsus Polda Sulsel pada kasus dugaan penipuan ibadah umrah, dan tindak pencucian uang.

Penetapan ini diumumkan setelah Polisi mendapatkan barang bukti, berupa sejumlah dokumen perusahaan PT. Abu Tours (akta pendirian Perseroan Terbatas), data manifest jumlah agen dan jemaah yang telah membayar lunas, neraca keuangan perusahaan, laporan laba/rugi perusahaan.

Modus operandinya bahwa dia ini memberangkatkan umrah dengan harga murah, untuk menarik masyarakat, sehingga menyetorkan dana ke PT Abu Tours. Itu modusnya.

Bos Abu Tours, Muhammad Hamzah Mamba disangkakan Pasal 45 ayat (1) jo Pasal 64 ayat (2) UU penyelenggaraan haji, subsider pasal 372 dan 378 jo pasal 64 ayat 1 KUHP dan pasal 3, 4, 5 UU tindak pidana pencucian uang dengan pidana penjara paling lama 20 tahun, dan denda paling banyak Rp10 miliar. (in/rbc)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *