Dosen Unismuh Laksanakan PKM Budidaya Lele pada Kelompok Tani di Gowa

Ernawati memberikan bibit lele kepada kelompok tani di Desa Bontomanai.-ist-

RAKYATBERSATU.COM.– Dua dosen Universitas Muhammadiyah Makassar, yakni Anisa, S.Pd, M.Pd (ketua) dan Ernawati, S.Pd, M.Pd (anggota 1) melaksanakan program kemitraan masyarakat (PKM) Budidaya Lele Kelompok Tani di Desa Bontomanai, Kecamatan Bontomarannu, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.

PKM Budidaya Lele di Desa Bontomanai  di laksanakan di dua kelompok, yakni di Kelompok Tani  Tana Lompoa dan Kelompok Tani Ingin Maju.

Adapun kegiatan yang dilaksanakan adalah pembuatan kolam untuk kedua mitra, pemberian alat pendukung produksi seperti pompa, ember, net fishing, pemberian benih lele sangkuriang, pemberian pakan pellet dan probiotik, pemberian biaya produksi berupa listrik dan pakan serta pelatihan cara budidaya dan inovasi produk yang dapat dihasilkan. Serta pelatihan manajemen produksi dan keuangan serta pelatihan pemasaran.

 Anisa maupun Ernawati, mengatakan, permasalahan utama yang dialami oleh mitra, yakni, pertama, lahan pekarangan rumah tidak terlalu luas dan tidak dimanfaatkan. Kedua, sebagian dari kelompok tani Tana Lompoa dan Kelompok Tani Ingin Maju masih memiliki keterbatasan  pengetahuan pada aspek teknis budidaya lele.

Aspek teknis budidaya lele yang dimaksud, yaitu mulai dari pembuatan kolam, perawatan, pemanenan hingga pada aspek pemasaran. Aspek perawatan dan aspek pemasaran dianggap merupakan aspek yang paling sulit bagi anggota.

Seperti yang disebutkan Ernawati maupun Anisa, bahwa masalahnya adalah kelompok belum banyak mengetahui tentang bagaimana  cara perawatan lele yang benar hingga menghasilkan produksi yang optimal dan juga masih kesulitan dalam pemasaran hasil panen.

Adapun metode pengabdian yang dilakukan pada kedua kelompok mitra adalah dengan cara memberi pelatihan dan pendampingan budidaya lele dengan menggunakan kolam tembok.-nasrullah-

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *