Terbentuk di Makassar, Perkumpulan Dosen Kopertis Indonesia

Citizen Reporter
Laporan: Dr. Buyung Romadhoni, S.E., M.Si
Sekretaris Jenderal PDKI

RAKYATBERSATU.- Para Dosen Dipekerjakan Kopertis (DPK) di Kopertis Wilayah IX Sulawesi sepakat mendirikan dan membentuk organisasi profesi  yang diberi nama  Perkumpulan Dosen Kopertis Indonesia (PDKI) di Makassar.

Fomatur persidangan Ibrahim, S.E.,M.Si., Ak, beberapa waktu lalu membacakan keputusan, Ketua terpilih; Dr. Suradi., M.T., Sekretaris Jenderal: Dr. Buyung Romadhoni, S.E., M.Si dan Bendahara: Dr. Kasnaeny K., S.E., M.Si.

Musyawarah kerja I telah digelar Kamis (21/9/2017) di kampus STIE AMKOP Makassar, dihadiri Kordinator Kopertis IX Sulawesi, Prof Dr.Ir.Andi Niartinigsih, MP.

Prof Andi Niartiningsih dalam sambutannya mengharap kepada organisasi yang baru ini, membuat program program-program yang membumi dan sederhana serta dapat menyelesaikan masalah tentunya dengan tetap menjaga nama baik Kopertis .

Dijelaskan, jumlah dosen yang ada di Indonesia saat ini belum sebanding dengan jumlah mahasiswa yang sementara berproses. Sehingga dibutuhkans trategi-strategi dalam mengelola keterbatasan tersebut.

Perguruan Tinggi Swasta yang tersebar di Indonesia kata Andi Niartiningsih, tujuh puluh persen berkategori kecil dengan portofolio kurang bagus/baik. Sehingga hal ini menjadi tugas bersama memperbaiki hal tersebut.

Komponen penilaian, pemeringkatan perguruan tinggi; kualitas dosen, kecukupan dosen, akreditasi, kualitas kegiatan kemahasiswaan dan penelitian.

Ketua Panitia Musker I, Dr. Gunawan Bata Ilyas, dalam laporannya menyampaikan dosen Kopertis IX yang hadir pada kegiatan ini adalah dosen-dosen DPK yang tersebar di berbagai Perguruan Tinggi Swasta dari Sulawesi.

Ketua Umum terpilih Dr. Suradi, S.T., M.T menggambarkan awal terbentuknya PDKI, berangkat dari rasa saling kepedulian antara dosen-dosen Kopertis dengan tuntutan sebagai dosen berkualitas menjadi kewajiban dalam era saat ini.

Kualitas dosen terlihat dari beberapa indikator pada Tri Dharma PerguruanTinggi yaitu pengajaran/pembelajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat.

Banyak kesulitan dihadapi dosen Kopertis dalam pemenuhan kewajiban seperti penelitian dan pengabdian pada masyarakat menjadi perhatian utama dalam kepengurusan ini, tegasnya.

Terlihat hadir beberapa unsur pimpinan perguruan tinggi swasta Dr. Amran, S.H., M.Si(Wakil Rektor 3 Universitas Sawerigading), Dr. Kasnaeny K, S.E., M.Si(Direktur Magister Manajemen STIE Nitro).

Dr. Ahdan Sinilele, M.Si, (STKIP YAPIM Maros), Dr. Hasbiyadi, S.E., M.Si (STIEM Bongaya), Dr. Eha Sumantri, S.K.M., M.Kes (Stikes Tamalatea Makassar).

Salah seorang anggota PDKI, Wakil Ketua I STKIP Yapim Maros, Dr. Ahdan Sinilele, M.Si, menegaskan agar kehadiran organisasi profesi senantiasa menjaga kekompakan dan kebersamaan dalam merealisasikan program kerja. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *