Kapolres Siap Amankan Muswil Muhammadiyah di Palopo

Salah satu unsur pengamanan dari KOSEGU Muswil Muhammadiyah dan Aisyiyah di Palopo.Foto : Syam.
Salah satu unsur pengamanan dari KOSEGU Muswil Muhammadiyah dan Aisyiyah di Palopo.Foto : Syam.

Palopo (rakyatbersatu.com) – Pengamanan selama berlangsungnya acara pelaksanaan Musyawarah Wilayah Muhammadiyah Ke 39 dan Aisyiyah Sulsel yang mulai dilaksanakan  23 – 26 Desember 2015 cukup ketat.  Dalam apel siaga pengamanan, yang dilaksanakan  di Mapolres Palopo, Senin 21 kemarin,  seluruh personil keamanan diturunkan, mulai dari tim keamanan dari kepolisian, TNI,  Satpol PP, Dishub, Ormas, Pemuda Pancasila, Bankom, Tapak Suci, Kosegu ikut  apel siaga pengamanan Muswil kemarin.

Kapolres Palopo, AKBP Dudung  Adijono,  itu menjamin  pelaksanaan Muswil  Muhammadiyah ke 39  dan Aisyiyah ini berlangsung aman.  “Saya sudah melakukan rapat koordinasi dengan panitia Muswil Muhammadiyah, Walikota, Dandim dan  sejumlah Ormas  membicarakan  personil-pesonil yang akan ditempatkan pada titik-titik yang sesuai dengan permintaan  panitia, dan itu sudah dilaksanakan,”tandas Dudung yang baru kurang lebih  bertugas di Palopo.

Sekarang ini, sebut Dudung, telah melibatkan sekitar 550 orang personil pengamanan Muswil Muhammadiyah dan Aisyiyah di Palopo. Ini adalah gabungan dari Polri, TNI, Satpol PP, Dishub, Pemuda Pancasila, Bankom, Kosegu, dan lainnya dan sekarang ini persiapannya sudah mantap. Pengamanan yang dilakukan bersifat terbuka dan tertutup. Dan titik-titik pengamanan  yang dimaksud dimulai hari ini, Selasa 22 Desember untuk kegiatan Workshop Pertanian Terpadu yang dilaksanakan oleh Majelis Pemberdayaan Masyarakat Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulsel.

Kemudan kegiatan perkemahan yang dilaksanakan di Gedung Islamic Centre, gerak jalan santai yang dimulai dari Lapangan Gaspa sampai finish Lapangan Pancasila, pengaman sidah Muspin yang dilaksanakan Rabu 23 Desember, dan pengamanan pembukaan Muswil Muhammadiyah dan Aisyiyah di Kampus STIE Muhammadiyah Palopo, Rabu 24 Desember 2015.

“Kesemua titik-titik itu kita berikan pengamanan yang cukup ketat. Ini dilakukan untuk memastikan kalau selama berlangsungnya acara Muswil Muhammadiyah dan Aisyiyah berlangsung aman dan tidak ada gangguan sedikit pun,”ujar Kapolres saat didampingi Iptu  M.Sopya yang juga adalah Humas Polres Palopo, seraya mengatakan, sekalipun selama ini tidak ada tanda-tanda atau gangguan yang bisa merusak selama berlangsungnya acara tetapi pihaknya tetap waspada.

Ahmad dan  Arifin tim pengamanan dari Muhammadiyah juga siap membantu dalam pengamanan selama berlangsungnya acara Muswil. Selain itu  Dinas Perhubungan Kota Palopo,  Gumawan R. Sam, mengatakan mereka beranggotakan 61 orang  untuk mengatur seluruh area perpakiran dimana kegiatan Muswil itu dilaksanakan, mulai dari lapangan Gaspa, lapangan Pancasila, tempat acara workshop di Auditorium Saokatae (rumah jabatan walikota) dan juga dilokasi acara Muswil dan tempat-tempat yang dimungkikan bisa memacetkan arus lalulintas.

Sementara itu Ketua Panitia Muswil Pimpinan Muhammadiyah Sulsel,  H. Darwis Lantik, berharap selama Muswi berlangsung tan ada gangguan sedikit pun, seperti halnya pada kejadian di Muktamar Muhammadiyah di Makassar beberapa waktu lalu dan bahkan berharap lebih sukses lagi. Soal pengamanan, Darwis Lantik menyerahkan sepenuhnya tanggungjawab ini kepada pihak keamanan, dan sangat berterimakasih karena pak Kapolres Palopo dan Dandim siap mengamankan acara Muswil Muhammadiyah di Palopo ini.(nas)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of