“American Hustle”, “Gravity”, “12 Years a Slave” Rajai Nominasi Oscar

filmBEVERLY HILLS, RB.Com  – Tiga film yang sama-sama merajai nominasi Oscar yakni “American Hustle,” “Gravity” dan “12 Years a Slave” dipastikan bakal bersaing sengit.. Dalam nominasi Academy Awards yang diumumkan Kamis waktu  AS, Film “American Hustle”  arahan sutradara David O Russell yang mengambil latar tahun 1970-an  dan film arahan Alfonso Cuaron berjudul “Gravity” masing-masing mendapatkan 10 nominasi. Sementara film  12 Years a Slave arahan Steve McQueen yang menarasikan dengan brutal kisah perbudakan  mendapatkan sembilan nominasi. Seperti dilansir Reuters,  ketiga film tersebut  juga akan saling berebut untuk kategori best picture dan best director.  “Sangat luar biasa sekali, film yang mengangkat kisah nyata tentang perbudakan mendapatkan sembilan nominasi dari Academy,” ujar McQueen, sutradara asal Itnggris.

Sementara film tentang bajak laut Somalia “Captain Phillips,” lalu kisah aktivis AIDS berjudul,”Dallas Buyers Club,” dan komedi “Nebraska,” masing-masing mendapatkan enam nominasi.   Agak mencengangkan film arahan Martin Scorsese  bercerita tentang keserakahan para pialang saham berjudul, “The Wolf of Wall Street,” film romatis-komputerisasi berjudul , “Her” dan film drama “Philomena” terlempar dari daftar sembilan nominasi film terbaik yang berhak mendapatkan best picture.

Tak seperti pemilihan tahun sebelumnya, anggota dewan juri Academy of Motion Picture Arts and Sciences yang biasanya memasukkkan 10 film terbaik kategori best picture, tahun ini hanya memasukkan sembilan film. Demikian halnya dengan film yang banyak mendapatkan kritik positif arahan Coen Bersaudara berjudul “Inside Llewyn Davis,” hanya mendapatkan dua nominasi.  Tahun ini, puncak malam penganugerahan Oscar akan digelar pada 2 Maret mendatang dan  dipandu  komedian Ellen DeGeneres, di Los Angeles.

Aktor Terbaik Terbelah

Pada  nominasi aktor dan aktris terbaik, terbelah antara aktor dan aktris  telah mempunyai jam terbang tinggi  dan sejumlah nama newcommer. Tercatat delalapan nama, dikategorikan sebagai debutan akan bersaing menjadi aktor terbaik, termasuk nama Chiwetel Ejiofor, via film “12 Years a Slave.” Dia akan berkompetisi dalam kategori best actor dengan aktor Matthew McConaughey, yang baru saja memenangi Golden Globe sebagai aktivis AIDS via film “Dallas Buyers Club,”  plus  nama Leonardo DiCaprio yang berlakon tak kalah luar biasanya sebagai pialang saham di film “The Wolf of Wall Street.”

“Inilah Peran paling menantang sepanjang karir saya sebagai seorang aktor,” kata DiCaprio bernada promosi. Sementara aktor kawakan Bruce Dern yang berlakon  pria sepuh di film “Nebraska” serta nama Christian Bale dalam film “American Hustle,” juga tidak dapat dipandang sebelah mata. Demikian halnya dengan nama Robert Redford, yang berlakon sebagai pelayar yang kehilangan arah di film “All is Lost,” serta nama paten Tom Hanks di film “Captain Phillips.”

Hanks,  terakhir mendapatkan Oscar sebagai aktor terbaik di tahun 1994 dan 1995, dan tahun ini dia diperhitungkan juga menpunyai kans besar  mengulang kesuksesannya. Sementara itu, aktris veteran dan peraih Oscar  Meryl Streep, untuk kali ke 18 mendapatkan nominasi sebagai aktris terbaik di tahun ini, via filmnya berjudul “August: Osage County.”

Streep akan bertarung dengan sesama aktris peraih Oscar – Sandra Bullock  via lakon terkininya sebagai seorang astronot yang hilang di luar angkasa di film berjudul  “Gravity.” Mereka berdua pun  masih beradu menjadi yang terbaik bersama Cate Blanchett di film arahan Woody Allen berjudul “Blue Jasmine,” dan Judi Dench yang berlakon sebagai seorang ibu dari Irlandia yang kehilangan anak laki-kalinya di film berjudul “Philomena.” Dua nama yang tersisa adalah Amy Adams di film “American Hustle,” dan Emma Thompson di film “Mary Poppins”.

Untuk peran pendukung pria dan wanita terbaik, nama pendatang anyar Lupita Nyong’o yang berlakon sebagai budak Patsey dan tuannya yang kejam yang dilakoni Michael Fassbender, juga sama-sama mendapatkan nominasi.  Film “American Hustle” juga menempatkan nama Jennifer Lawrence, yang tahun lalu juga telah menyabet Oscar kategori best actress bersama Bradley Cooper. (naskah – ata)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *