Barru Terima Bagi Hasil Pajak Daerah Rp 8,3 Miliar

Suasana sosialisasi pajak daerah di Gedung STIA Al Ghazali Kabupaten Barru, Selasa (1/8/2017).

RAKYATBERSATU.- Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Sulawesi Selatan, Drs Tautoto TR, MSi membuka sosialisasi pajak daerah di Gedung STIA Al Ghazali Kabupaten Barru, Selasa (1/8/2017). Dalam sosialisasi tersebut terungkap bahwa hingga Mei 2017, dana bagi hasil yang diterima Pemerintah Kabupaten Barru dari Bapenda Sulawesi Selatan sebesar Rp 8.371.319.910.

Selain itu, Tautoto menjelaskan juga sejumlah layanan unggulan Samsat Barru yang bertujuan memberikan kemudahan kepada masyarakat memenuhi kewajibannya membayar pajak kendaraan bermotor.

Layanan unggulan yang dimaksud Kepala Bapenda Sulsel adalah samsat link, gerai samsat, samsat drive thru, samsat keliling, samsat delivery, e-Samsat bekerjasama dengan Bank Sulselbar hingga SMS info pajak kendaraan bermotor.

Sosialisasi ini dihadiri juga Kepala UPT Pendapatan Samsat Wilayah Barru Dra Yustiati Yusuf SE,  M.Si, Plt Kasatlantas Polres Barru AKP Baharuddin HS, dan Kepala Bidang Pendapatan Asli Daerah Bapenda Sulsel, H Burhanuddin, SH.

Di depan 100-an peserta yang beasal dari berbagai latar belakang, Kepala Bapenda menjelaskan jenis pajak yang dikelola Bapenda Sulsel, seperti pajak kendaraan bermotor (PKB), pajak rokok, pajak air permukaan, pajak bahan bakar, dan bea balik nama kendaraan bermotor.

“Semua pajak yang dipungut tersebut akan dikembalikan kepada masyarakat Barru melalui pembangunan infrastruktur dan pelayanan kesehatan atau pendidikan,” kata mantan Plt Bupati Soppeng ini.

Dalam kesempatan itu, Tautoto mengajak masyarakat Barru untuk aktif membayar pajak karena akan memacu percepatan pembangunan daerah.

Salah satu strategi yang bisa dilakukan untuk meningkatkan penerimaan pajak daerah, lanjut Tautoto, adalah aktif melakukan  sosialisasi kepada masyarakat wajib pajak.(rus)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *