Dinas PKH Sulsel Anggap Perlu Singkronisasi Birahi Massal

Tiga tim pakar Upsus Siwab 2017, dua diantaranya Prof Drh Prabowo (kanan), dan Prof Sudirman (tengah). foto nasrullah

RAKYATBERSATU. – Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Sulsel, Ir Abd Azis menganggap perlunya dilaksanakan singkronisasi birahi massal diseluruh kabupaten dan kota se Sulsel. Ini untuk mempercepat pencapaian target Upsus Siwab di Sulsel.

Dikatakan, secara nasional Sulslel untuk program Upsus Siwab 2017 ditargetkan 340 ribu ekor sapi. Dan sisa waktu 150 hari kedepan atau tepatnya kurang lebih lima bulan lagi baru mencapai 16 persen atau baru sekitar 36 ribu ekor yang dicapai.

Angka ini menurut Azis masih tergolong rendah capaiannya. Ada beberapa kabupaten di Sulsel ini capaiannya sangat rendah. Hanya beberapa daerah saja yang dianggap bagus dibandingkan dengan daerah lainnya, yakni Lutra, Bone, Bulukumba,  Sinjai dan Sidrap.

“Ini saja yang kelihatan  berhasil, tetapi secara keseluruhan capaiannya masih sangat rendah,”jelas Azis.

Dikatakan, sisa waktu 150 hari program Upsus Siwab 2017 berakhir, Azis tetap berupaya agar separuh dari target bisa dicapai diakhir program atau sekitar 170 ribu ekor sapi. Untuk bisa mencapai separuh dari target Dinas PKH akan berencana   melakukan singkronisasi birahi secara serentak di seluruh kabupaten dan kota se Sulsel.

 “ Insya Allah  kita akan launching singkronisasi birahi secara serentak di Kab. Sidrap dalam waktu dekat ini,”janji Azis.

Terkait dengan upaya pencapaian target, Kadis PKH Sulsel ini juga menyoroti minimnya anggaran di Kementerian Pertanian untuk program UPSUS SIWAB 2017. “Saya berharap di tahun 2018 program Upsus Siwab ini anggarannya bisa lebih ditingkatkan.(nasrullah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *