Jumlah Kendaraan Bermotor di Kabupaten Bone Meningkat

Suasana Sosialisasi Pajak Daerah di Aula D Kotak, Jl Jenderal Sudirman, Kabupaten Bone, Kamis (14/9/2017).

RAKYATBERSATU.Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pendapatan Wilayah Bone optimistis akan merealisasikan target penerimaan Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar Rp 49 miliar lebih.

Kepala UPT Pendapatan Wilayah Bone, Nurlina SH, MH, mengungkapkan,   jumlah pemilik kendaraan meningkat sekitar 2 persen dan sekarang mencapai 168 ribu kendaraan, sehingga UPT Pendapatan Wilayah Bone optimistis mencapai target PAD.

“Meski hingga bulan Juni penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor baru sekitar 66 persen, namun target sebesar Rp 49 miliar akan tercapai,” kata Nurlina saat menghadiri Sosialisasi Pajak Daerah di Aula D Kotak, Jl Jenderal Sudirman, Kabupaten Bone, Kamis (14/9/2017).

Sosialisasi Pajak Daerah yang dihadiri sejumlah mahasiswa, pegawai PDAM, aparat Pemerintah Kabupaten Bone, dealer kendaraan bermotor, dan siswa SMA yang didampingi gurunya, serta masyarakat umum.

Kegiatan yang dibuka Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Sulsel diwakili Kepala Bidang Pendapatan Asli Daerah, H Burhanuddin, SH ini dihadiri pula Anggota Komisi C DPRD Sulsel Dr Hj Rusni Kasman, SH, M.Kn, Kepala Bapenda Bone A Herman SH, Kanit Regident Samsat Bone IPTU M Tang, Kepala Perwakilan Jasa Raharja Bone Alem Nofri Yoppi.

Burhanuddin mengatakan, sosialisasi pajak daerah ini merupakan salah satu langkah memperdalam pemahaman masyarakat tentang pajak dan dianggap efektif menyadarkan masarakat tentang pentingnya membayar pajak.

“Pajak itu adalah tentang kesadaran masyarakat sehingga butuh sosialisasi intens agar menimbulkan kesadaran dan kesukarelaan untuk membayar pajak,” kata Burhanuddin.

Dikatakan juga, realisasi penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) tahun 2016 sebesar Rp 1,02 triliun, atau mencapai 102,08 persen dari target yang ditetapkan sebesar Rp 1 triliun.

APBD tahun 2017, telah ditetapkan sebesar Rp 8,9 Trilyun. PAD juga ditetapkan sebesar Rp 3,7 Trilyun. Begtitu pula Pajak Daerah sebesar Rp 3,3 Trilyun, dimana kontribusi Pajak Daerah terhadap APBD sebesar 37,23 persen dan kontribusi terhadap PAD sebesar 88,99 persen.

Khusus untuk UPT Pendapatan Wilayah Bone, ditergetkan menghimpun pajak daerah tahun anggaran 2017 sebesar Rp 94,43 miliar yang terdiri dari pajak kendaraan bermotor sebesar Rp 49,55 miliar, Bea Balik Nama (BBN)  Rp 43,32 miliar, pajak pengambilan dan pemanfaatan air permukaan Rp 17,33 miliar, retribusi pemakaian kekayaan daerah sebesar Rp 3,12 miliar, dan pendapatan denda pajak PKB dan BBN-KB sebesar Rp 1,541.

Bapenda Sulsel, adalah instansi yang bertanggung jawab dalam hal penyusunan dan pelaksanaan kebijakan daerah di bidang Perencanaan Pendapatan Daerah, Pajak Daerah, Retribusi dan Pendapatan Daerah Lainnya, serta pengendalian dan pembinaan berdasarkan Asas Desentralisasi.

Dikatakan, pembayaran pajak daerah mendukung kesinambungan pembangunan di Provinsi Sulawesi Selatan mewujudkan Visi Pembangunan Provinsi Sulawesi Selatan Tahun 2013-2018 yaitu “Sulawesi Selatan sebagai Pilar Utama Pembangunan Nasional dan Simpul Jejaring Akselerasi Kesejahteraan pada Tahun 2018 sehingga dengan pajak kita bisa membangun Provinsi Sulawesi Selatan karena Pajak Anda ciri kepedulian membangun Daerah.

Sosialisasi  ini sangat penting dan selalu dilaksanakan setiap tahun, hal ini untuk memberikan pemahaman yang sama kepada wajib pajak, mengenai ketentuan-ketentuan Pajak Daerah apalagi dengan adanya Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2016 tentang Penerimaan Negara Bukan Pajak, tentu ada hal-hal yang kurang dipahami dan perlu penjelasan lebih gamblang menyangkut Penerimaan Negara Bukan Pajak.

Sosialisasi Pajak ini hendaknya dimanfaatkan sebaik-baiknya sehingga adanya persamaan persepsi di antara wajib pajak dan petugas pajak, antara lain yang menyangkut hak dan kewajiban serta konsekuensi yuridis maupun administrasi jika terjadi pelanggaran terhadap ketentuan perpajakan yang berlaku, dan aparat pemungut pajak dalam melaksanakan tugasnya khususnya yang menyangkut pelayanan kepada masyarakat Wajib Pajak dapat dijalankan sesuai tuntutan wajib pajak yang dilayani, serta bertindak professional dalam mengamankan keuangan daerah yang sejalan dengan prinsip Good Governance dan akuntabel.

Program   Inovasi   Pelayanan Publik yang ada pada UPT Pendapatan Wilayah Bone yakni Pelayanan Gerai Samsat dan Samsat Keliling di enam kecamatan, melayani   masyarakat  wajib  pajak setiap hari Senin sampai Jum’at  sesuai jadwal yang telah ditentukan.(rus/r)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *