KPN Bung LLDIKTI IX Perluas Usaha Melayani Pinjaman Dosen Yayasan

RAKYATBERSATU.COM.- Koperasi Pegawai Negeri (KPN) Bung Kantor LLDIKTI Wilayah IX Sulawesi memperluas bidang usaha dengan melayani pinjaman bagi dosen tetap yayasan. Unit usaha baru ini terlaksana berkat kerjasama dengan Bank Hasamitra.

“Hanya dosen tetap yayasan diberikan skim pinjaman, dan dosen bersangkutan telah mendapat sertifikasi dosen dari pemerintah,” kata Ketua KPN Bung LLDIKTI IX Sulawesi, Dr. Hj. A. Niniek F. Lantara, M.Si kepada media Minggu (28/4/2019).

Dijelaskan Niniek, penyaluran pinjaman bagi dosen yayasan telah dimulai sejak awal tahun 2019 dan respon positif dari para dosen tetap yayasan.

” Unit Usaha Simpan Pinjam (USP) masih menjadi penunjang utama usaha KPN Bung,” ujar mantan anggota DPRD Sulsel dari Partai Golkar ini.

Selain itu, KPN Bung juga menyalurkan kredit dari funding perbankan seperti Bank CIMB Niaga, dan BNI 46.

Selain itu juga mengoptimalkan penyaluran dana modal sendiri dari sisa usaha yang ada untuk anggota.

Untuk menjaga dan mengantisipasi kemungkinan terjadinya risiko yang tidak diharapkan,maka peminjam diwajibkan mengikuti asuransi jiwa dan kredit pada perusahaan yang ditunjuk perusahaan mitra kerjasama bank.

Dosen tetap LLDIKTI di UMI Makassar ini mengatakan KPN Bung telah melakukan Rapat Anggota Tahuan (RAT) ke-32, Jumat (25/4/2019).

Sampai akhir tahun buku 2018, modal sendiri KPN Bung sebesar Rp. 3.294.616.202,oo. Simpanan Pokok sebenar Rp. 50.850.000,-.

Simpanan Wajib Rp. 1.321.983.310,-. Cadangan Koperasi Rp. 1.921.182.982,- serta donasi Rp. 600.000.000,-.

Bidang usaha yang dikelola KPN Bung, USP terdiri atas, Kredit Dana KPN Bung serta Bana Bank serta unit pertokoan. (yahya)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *