Unismuh Makassar Rintis Budidaya dan Riset Jahe Merah

RAKYATBERSATU.COM.– Unismuh Makassar kini sedang merintis budidaya dan riset jahe merah kerjama dengan Ikatan Saudagar Muslim Indonesia (ISMI) dan PT Bengkel Bumi Mandiri.

Realisasi dari kerjasama ini Kamis (10/10/2019), Dirut PT SPI Unismuh, Dr Idham Halid, Direktur Keuangan PT SPI, Dr Agussalam bersama ISMI dan Bengkel Bumi Mandiri melakukan survei lokasi di beberapa lokasi di Sulsel yang akan dijadikan lahan menanam.

Rektor Unismuh Makassar, Prof Dr H Abd Rahman Rahim, SE MM kepada media, Kamis (10/10/2019) mengatakan jahe merah ini akan dijadikan obat dan kesehatan secara organik dengan sasaran ekspor.

“Kerjasama ini akan melibatkan masyarakat pada budidaya tanaman ini yang juga sudah ada kepastian pasar ekspor di luar negeri,” ungkap Rahman Rahim.

Pengembangan dan riset jahe merah ini menjadi bagian dari pengabdian masyarakat yang menjadi keunggulan kampus. Unismuh Makassar tetap konsisten dengan pengembangan potensi lokal agraris pertanian berbasis teknologi dan riset.

Jahe merah organik ini  adalah bahan baku pembuatan minuman jamu  untuk kesehatan.

PT Bengkel Bumi  Mandiri, selama ini mengembangkan usaha tanaman jahe gaja ini mengatakan, tanaman jahe gaja ini akan diolah oleh perusahaan  besar di Amerika menjadi minuman kesehatan (jamu).

Tanaman jahe ini adalah  bahan baku pengganti  minuman  alkohol menjadi minuman jamu untuk kesehatan tubuh. Dulu orang Amerika senang mengkonsumsi alkohol sebagai penghangat badan,  saat ini tergantikan dengan meminum  jamu  dari jahe merah ini. (yahya/ulla)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *