1 Januari 2020, Cukai Rokok Naik 23 Persen

RAKYATBERSATU.COM. Untuk menekan konsumsi rokok di kalangan perempuan dan anak remaja serta membasmi peredaran rokok ilegal, pemerintah sepakat menaikkan cukai rokok sebesar 23 persen. Keputusan ini mulai berlaku pada 1 Januari 2020 mendatang.

“Kenaikan rata-rata secara total 23% untuk tarif cukai dan 35% dari harga jual akan kami tuangkan dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) yang akan diberlakukan mulai 1 Januari 2020,” kata Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati usai mengikuti rapat intern yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo, di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (13/9) sore.

Disebutkan Sri Mulyani bahwa terjadi tren peningkatan konsumsi rokok dari kalangan perempuan menjadi 9% dari sebelumnya 7%, dan anak-anak remaja menjadi 4,8% dari sebelumnya 2,5%.

Selain itu, kenaikan cukai rokok ini juga bertujuan menekan dan membasmi peredaran rokok ilegal atau rokok tanpa cukai yang dijual sangat murah di pasaran.

Menkeu Sri Mulyani Indrawati optimitis dengan naiknya cukai rokok ini penerimaan cukai yang dalam RUU APBN Tahun Anggaran sebesar 2020 ditargetkan sebesar Rp179,2 triliun akan tercapai. (bbs/hms)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *