Prof Supriadi Rustad: PTS Nakal Senang Menggelar Wisuda

Ketua Tim Evaluasi Kinerja Perguruan Tinggi Dirjen Kelembagaan Kemenristekdikti RI, Prof Dr. Supriadi Rustad  pada Rakerwil 2017 Kopertis Wilayah IX Sulawesi di Kendari, Jumat-Sabtu (19-20/5).

RAKYATBERSATU.- Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang nakal itu senang menggelar wisuda. Jenis kampus ini banyak selamatan tapi tidak disertai dengan kerja keras terutama dalam meningkatkan kualitas luarannya.

“Pada beberapa temuan kampus nakal, terdaftar mahasiswa misalnya 50 orang pada pelaporan Pusat Data Pendidikan Tinggi (PD-Dikti),  tetapi saat wisuda jumlahnya malah bertambah 500 orang,” tandas Ketua Tim Evaluasi Kinerja Perguruan Tinggi Dirjen Kelembagaan Kemenristekdikti RI, Prof Dr. Supriadi Rustad saat membawakan materi dengan moderator, Prof Dr. Andi Muin Fahmal, SH, MH pada Rakerwil 2017 Kopertis Wilayah IX Sulawesi di Kendari, Jumat-Sabtu (19-20/5).

Dijelaskan Prof Supriadi, kondisi kekinian pengelolaan pendidikan tinggi mengalami perubahan yang sangat radikal sejumlah regulasi dalam dunia pendidikan tinggi menjadi indikator yang harus dicermati dan diperhatikan  para penyelenggara dan pengelola perguruan tinggi.

” Salah satu di antaranya adalah reformasi dalam sistem penjaminan mutu. Data   perguruan tinggi ditentukan oleh kinerja penjamina mutu. Sisi lain perubahan sangat luar biasa itu menjadikan data perguruan tinggi menjadi ranah publik” kata pelaksana tugas Rektor Universitas Haluoleo Kendari ini.

Saat pemaparan materinya itu turut hadir Kordinator Kopertis Wilayah IX Sulawesi, Prof. Dr. Andi Niartiningsih, MP, Sekpel Kopertis IX Sulawesi, Dr. Hawignyo, MM, Ketua Panitia Lokal Rakerwil 2017 Kopertis IX di Kendari, Prof.Dr.Ir. Andi Bahrun, M.Sc.Agric juga selaku Rektor Universitas Sulawesi Tenggara.

Selain itu juga hadir  Sekretaris APTISI Wilayah IX-A Sulawesi, Dr.Mulyadi Hamid, M.Si juga Wakil Deputi Rektor Universitas Fajar Makassar dan peserta rakerwil yang berasal dari 366 pimpinan PTS seluruh Pulau Sulawesi.

Nampak hadir, Rektor UMI Makassar, Masrurah Mukhtar, Rektor UPRI Makassar, Niniek F Lantara, Rektor Universitas Sawerigading, Melantik Rompegaring, Rektor Unismuh Makassar, Rahman Rahim, Rektor Unasman Sulbar, Chuduriah Sahabuddin, Rektor Unismuh Palu, Rajindra Rum dan pimpinan PTS lainnya. (yahya)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *