Donasikan Buku untuk anak-anak Pesisir Kampung Gampancayya Tallo

RAKYATBERSATU.COM.– Kampung Gampancayya Kelurahan Tallo merupakan wilayah pesisir di sebelah utara Kota Makassar. Lokasi kampung ini terletak di sekitar muara Sungai Tallo dan juga memiliki situs sejarah Makam Raja Tallo. Masyarakat Kampung Gampancayya mayoritas merupakan suku Makassar asli dengan bahasa dan hubungan kekerabatan yang masih kuat. Mayoritas masyarakat Kampung Gampancayya bekerja sebagai buruh harian di industri galangan kapal dan nelayan tradisional.

Secara umum, dengan model pembangunan yang cenderung tidak berpihak selama ini pada masyarakat yang berada di kawasan pesisir Makassar seperti Kampung Gampancayya juga menghadapi begitu banyak masalah sosial seperti kemiskinan, kualitas lingkungan yang buruk, rendahnya akses pendidikan dan minimnya pelayanan publik lainnya seperti kesehatan.

Dari berbagai hasil diskusi-diskusi dengan masyarakat setempat, informasi yang kami peroleh bahwa dulunya hampir mayoritas penduduk kampung bekerja sebagai nelayan tetapi kemudian masalah kemiskinan yang tidak mampu terselesaikan di Kampung Gampancayya Tallo dan mulai masuknya berbagai macam industri kemudian membuat masyarakat beralih pekerjaan menjadi buruh harian bahkan berperan ganda sebagai nelayan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari dan anak-anak usia remaja (SMA sederajat) beberapa dari mereka memilih untuk merantau mencari kerja.

Ketika dalam suatu wilayah terjadi kesenjangan ekonomi maka pasti akan mempengaruhi tingkat kesadaran literasi masyarakat seperti kemampuan dasar membaca dan menulis ulis dan begitulah kondisi yang terjadi Kampung Gampancayya dengan tingkat kesadaran literasi yang masih rendah sehingga kemudian kami dari Komunitas Ruang Abstrak Literasi mencoba untuk mengambil peran untuk meningkatkan minat membaca dan menulis masyarakat Kampung Gampancayya terkhusus bagi anak-anak sebagai generasi yang bisa memberikan kontribusi bagi kemajuan Kampung Gampancayya.

Dalam waktu dekat ini bersama dengan jaringan-jaringan pegiat literasi di Kota Makassar, kami berencana akan melaksanakan kegiatan literasi di Kampung Gampancayya seperti lapak baca, kelas menulis, kelas mendongeng, kelas menggambar dan lain-lainnya.

Oleh sebab itu kami sangat berharap bantuan dari semua pihak untuk berpartisipasi dalam bentuk donasi buku bagi anak-anak Kampung Gampancayya seperti buku cerita cerita bergambar, buku sejarah lokal makassar, buku bahasa daerah Makassar, buku agama, buku Bahasa Inggris dasar, atlas/peta, buku biografi tokoh, cerpen, majalah anak, buku pelajaran sekolah (SD dan, SMP).
Salam literasi. Narahubung:085242154141 (Wildan),082293937909 (Ferdy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *