Empat Pelabuhan Perikanan di Sulsel Jadi Mubazir

Pelabuhan perikanan di Indonesi banyak yang beralih fungsi menjadi pasar ikan (ist)

RAKYATBERSATU.COM.- Empat pelabuhan perikanan yang ada di wilayah Sulawesi Selatan yang sebelumnya dibangun dengan anggaran puluhan miliaran rupiah, kini justru mubazir karena tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Bahkan, akan dialihfungsikan menjadi syahbandar.

Informasi diperoleh dari Rizky, ST, staf Bidang Perikanan Tangkap, Dinas Kelautan dan Perikanan Sulawesi Selatan, Jumat (6/4), mengatakan, pelabuhan perikanan tersebut memang tidak bisa dioperasionalkan akibat pendangkalan, sarana dan prasarana tidak mendukung.

Pelabuhan Perikanan Rajawali di Kelurahan Kunjungmae, Kecamatan Mariso, Makassar, saat ini hanya berfungsi sebagai pasar ikan. Tak bisa lagi berfunsi sebagai pelabuhan setelah reklamasi pantai menutup akses ke pelabuhan.

Menurut Risky, hal yang sama juga dialami Pelabuhan Perikanan Boddia, Kecamatan Galesong Selatan, Takalar . Akibat pendangkalan, pelabuhan yang menelan anggaran negara miliaran rupiah ini tidak operasional, apalagi di sekitarnya sudah menjadi pemukiman penduduk.

Begitu juga Pelabuhan Perikanan Siwa di Kelurahan Bangsalae, Kecamatan Pitumpanua, Kabupaten Wajo, dan Pelabuhan Perikanan Malangke, Kabupaten Luwu Utara yang menurut rencana akan beralih fungsi menjadi syahbandar.

Memang awalnya, menurut Kabid Perikanan Tangkap, Ir. Safaruddin R,MM, pelabuhan perikanan di Sulawesi Selatan dikelola langsung pemerintah kabupaten. Menyusul diberlakukannya UU No.23 Tahun 2014, sebanyak 23 pelabuhan perikanan di sejumlah kabupaten akan dikelola pemerintah provinsi dalam hal ini Dinas Perikanan dan Kelautan Sulsel.

Sedangkan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) yang berada di area pelabuhan tetap dikelola pemerintah kabupaten. “Nanti ada bagi hasil dari pengelolaan tersebut antara pemerintah kabupaten dan provinsi,” jelasnya.

Selain itu, dalam waktu dekat akan dilakukan pelelangan untuk pekerjaan renovasi pelabuhan perikanan yang anggarannya bersumber dari APBN, masing-masing Pelabuhan Perikanan Lonrae (Bone), Pelabuhan Perikanan Bontobahari (Bulukumba), Pelabuhan Perikanan Birea (Bantaeng) dan Pelabuhan Perikanan Beba, Kabupaten Takalar. (ril)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *