Gubernur Puji Rektor Unismuh Makassar Sikapi Unjuk Rasa Mahasiswa

 Rektor Unismuh Makassar, Prof Dr H Abdul Rahman Rahim, SE,MM sedang berbincang dengan Kapolda Sulsel, Irjen Pol Mas Guntur dalam  Forum  Koordinasi  Pimpinan Daerah (Forkopimda)  di  Baruga Karaeng Pattingalloang, Rumah Jabatan Gubernur, Jumat  (27/9/2019).-nasrullah-

RAKYATBERSATU.COM. – Gubernur Sulsel, Prof Dr Ir HM Nurdin Abdullah, M.Agr  memuji  sikap  Rektor Unismuh Makassar, Prof Dr H Abdul  Rahman Rahim, SE,MM  atas langkah mereka  dalam menyikapi aksi unjuk rasa yang dilakukan  mahasiswa, khususnya mahasiswa Unismuh  dalam beberapa hari ini.

Rektor Unismuh Makassar, Prof Dr  H Abdul Rahman Rahim,   dalam menyikapi aksi mahasiswa tersebut  tidak untuk meliburkan mahasiswanya tetapi  mahasiswa yang melakukan demo didampingi  oleh  para wakil dekan dan ketua-ketua program studi   seluruh  fakultas.

Langkah ini menurut Gubenur Sulsel, Prof Dr HM Nurdin Abdullah bisa diikuti oleh  pimpinan-pimpinan perguruan tinggi lainnnya. “Dengan mendampingi mahasiswa  saat melakukan aksi dapat mengantisipasi kemungkinan adanya  pihak lain yang menyusup saat demo berlangsung. Dan kadang-kadang inilah yang mempropokasi  mahasiswa saat demo  sehingga   terjadilah bentrokan atau sikap anarkis,”kata Nurdin Abdullah.

Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah mengatakan hal ini  pada pertemuan  dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah ( Forkopimda) dalam  menyikapai aksi unjuk rasa mahasiswa di Sulsel khususnya di Makassar dalam beberapa hari terakhir ini.

Forum ini digelar untuk menyikapi situasi terkini di Sulsel khususnya di Makassar yang berlangsung di Baruga Karaeng Pattingalloang, Rumah Jabatan Gubernur, Jumat (27/9/2019).

Hadir Kapolda Sulsel,  Irjen Pol Mas Guntur, yang mewakil  Pangdam XIV Hasanuddin, sejumlah pimpinan perguruan tinggi, diantaranya Rektor Unismuh Makassar, Prof Dr H Abdul Rahman Rahim, SE,MM,  Gurutta KH Sanusi Baco, Ketua PWM Sulsel, Prof Dr H Ambo Asse, M.Ag

Rektor Unismuh Makassar, Prof Dr H Abdul Rahman Rahim, SE,MM, dalam forum  Forkopimda yang dipimpin langsung oleh Gubernur Sulsel, Prof Dr Ir HM Nurdin Abdullah, mengatakan, ada beberapa  opsi yang akan  diambil oleh  Unismuh Makassar menyikapi aksi unjuk rasa mahasiswa.

Opsi pertama, kata rektor,  yakni tidak meliburkan mahasiswa tetapi dalam aksi mahasiswa para wakil dekan dan ketua-ketua prodi se Unismuh Makassar ikut mengawal  selama aksi mahasiswa berlangsung.  Kemudian mahasiswa Unismuh yang terlibat aksi, harus menggunakan jas almamater, supaya jelas mana mahasiswa mana  yang bukan  mahasiswa.

Juga mahasiswa yang melakukan demo,  hanya bisa sampai pada pukul 17.00 Wita sesuai dengan ketentuan peraturan yang ada. Dan dalam kesempatan ini rektor juga  meminta juga pihak kepolsian untuk  bertindak persuasive bukan  bertindak refresif  dalam menangani aksi  demonstrasi mahasiswa.

Rektor  Prof Rahman Rahim juga memuji sikap Kapolda  Sulsel, Irjen Pol Mas Guntur atas sikap meminta maaf atas apa yang dilakukan oleh anggotanya. “Ini patut dicontoh oleh petinggi kepolisian lainnya di Indonesia ,”puji  rektor.  (NAS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *