Gugatan Appi-Cicu Ditolak, DIAmi Melangkah Pasti

RAKYATBERSATU.COM.– Upaya meredam langkah DIAmi di Pilkada Kota Makassar oleh tim pasangan Appi-Cicu kandas sudah, setelah Panwaslu menolak semua gugatan yang diajukan Appi-Cicu, sebagai pemohon dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar sebagai termohon, Senin (26/02/2018).

Penolakan ini semakin memantapkan langkah DIAmi untuk memenangkan Pilwakot Makassar, setelah menghadapi berbagai ‘serangan; yang cukup masif mulai saat mencalonkan hingga penetapan calon walikota.

Sebelumnya, Pangliman Skuadron DIAmi Maqbul Halim menyebut bahwa upaya menggugat DIAmi agar harapan pesaingnya melawan Kotak Kosong kata Maqbul, akan terus dilakukan.

“Siapapun yang akan melawan Danny di pilkada kali ini, akan berusaha mencari celah untuk menumbangkan DIAmi sebelum pencoblosan,”kata Maqbul yang juga pengurus DPD Golkar Sulsel ini

Seperti diketahui, ada tiga poin yang menjadi titik berat gugatan Appi-Cicu, salah satunya pembagian smartphone untuk ketua RW yang dibagikan kurang dari enam bulan sebelum penetapan.

Menurut penggugat, program tersebut melanggar ketentuan 71 ayat 3 UU Nomor 10 Tahun 2016. Gubernur, bupati, wali kota, serta penjabat dilarang untuk menggunakan kewenangan program kegiatan yang menguntungkan atau merugikan pasangan calon.

Kedua, terkait pengangkatan guru honorer. Ketiga, penggunaan tagline atau jargon “Dua kali tambah baik”.

Keputusan penolakan gugatan Tim Appi-Cicu tersebut dibacakan langsung Ketua Panwaslu Nursari yang juga merangkap sebagai Ketua Majelis Musyawarah Penyelesaian Sengketa Pilwali Makassar.

Panwaslu memutusakan gugatan yang diajukan oleh pasangan Appi-cicu tersebut dianggap tidak memenuhi syarat untuk dijadikan alat bukti sebagai pelanggaran.

Dengan keputusan ini, KPU Kota Makassar dinyatakan tidak melakukan kesalahan saat meloloskan pasangan Danny-Indira sebagai Calon Walikota dan Wakil Walikota Makassar.(rbc/l8)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *