Hadiah Ayam, Sayur dan Buah-buahan, Cara RHD Edukasi Murid SD

RAKYATBERSATU.COM.- Andi Pratiwi, murid kelas 4 SD Negeri Borong, Makassar, begitu semringah ketika menerima hadiah seekor ayam dari Darmawan Daeng Nassa, founder Rumah Hijau Dennassa (RHD). Sedangkan teman-temannya diberi hadiah sayur-mayur, seperti kangkung dan sawi, serta buah-buahan. Tiwi, begitu dia disapa, diberi hadiah unik tersebut setelah memenangkan lomba menggambar yang diadakan RHD, dalam kegiatan outing class, Minggu, 13 Oktober 2019.

RHD merupakan kawasan konservasi dan edukasi, terletak di Kelurahan Tamallayang, Kecamatan Bontonompo, Kabupaten Gowa. Darmawan memberi alasan mengapa hadiah seperti itu diberikan. Katanya, proses belajar di RHD bertujuan mengedukasi pengunjung tentang pentingnya mengenal keanekaragaman hayati kita, termasuk keanekaragaman sumber pangan.

“Untuk anak-anak SD Negeri Borong yang ikut field trip, semoga bisa jadi duta di sekolah. Mereka dibangun kesadarannya untuk ikut mengurangi penggunaan plastik, perbiasakan makan makanan sehat, buang sampah di tempatnya, dan memuliakan pangan,” begitu harap aktivis lingkungan tersebut.

Kegiatan yang diikuti murid-murid kelas 4, orang tuanya, dan guru-guru itu memang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kepedulian mereka pada kelestarian lingkungan hidup, khususnya keberlanjutan kekayaan hayati kita.

Kegiatan yang diadakan pagi hingga siang tersebut dikoordinir oleh Bu Andi Etty Cahyani, S.Pd dan Bu Sahrina, S.Pd, keduanya merupakan wali kelas 4. Selama berada di RHD, ada beragam kegiatan yang dilakukan para siswa. Mereka menanam padi, menangkap ikan, juga berburu belalang. Ada juga makan buah bersama, fun games, kegiatan literasi dan lomba menggambar.

“Saya saja sangat bersemangat, apalagi anak-anak, terutama saat menanam padi dan menangkap ikan,” begitu kesan yang diceritakan Bu Evawati Bahtiar, S.Pd, salah seorang guru yang ikut kegiatan ini.

Kepala SD Negeri Borong, Dra Hj. Hendriati Sabir, M.Pd, senang melihat kebersamaan dan dukungan yang diberikan guru dan orang tua pada kegiatan sekolahnya. Untuk itu, dia menyampaikan terima kasih kepada guru-guru yang menemani murid-muridnya berakhir pekan dengan cara yang menyenangkan dan bermanfaat. Juga kepada orang tua yang telah berpartisipasi dan mempercayakan anak-anaknya mengikuti pembelajaran di luar kelas.(rbc/rls)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *