Hasil Survei CRC: Tingkat Elektabilitas DIAmi Capai 71.8 Persen

RAKYATBERSATU.COM.- Tingkat elektabilitas atau tingkat keterpilihan calon walikota Makassar nomor urut 2, Mohammad Ramdhan Pomanto-Indira Mulyasari Paramastuti (DIAmi) mencapai 71,8 persen. Sedangan pasangan Arifuddin-Andi Rachmatika Dewi (Appi-Cicu) yang tingkat keterpilihannya hanya mencapai 18,8 persen.

Demikian hasil survei Celebes Research Center (CRC) yang disampaikan Direktur CRC, Herman Heizer di Hotel Aryaduta, Jalan Penghibur, Makassar, Minggu (18/3/2018) sore.
Hasil survei CRC juga mengungkap bahwa alasan utama responden lebih memilih DIAmi karena berkinerja baik dan terbukti saat menjabat sebagai Walikota Makassar.

“Kinerja Walikota Makassar dalam hal ini Pak Danny Pomanto itu 70,5 persen cukup puas, 7,8 persen sangat puas, dan 20 persen kurang puas,” ungkap Direktur CRC, Herman Heizer, saat memaparkan hasil surveinya.

Survei CRC yang dilakukan pada tanggal 1-14 Maret 2018 ini mengambil 1.000 responden dengan margin of error 2,9 persen. Responden terdistribusi secara proporsional di 15 kecamatan se- Kota Makassar.

Menariknya, survei CRC ini lebih banyak mengambil jumlah responden dibanding survei biasanya. Hal itu dilakukan agar toleransi kesalahannya semakin kecil.

“Biasanya jumlah responden 1.000 untuk agregat provinsi tapi kali ini kita pakai untuk skop Kota Makassar,” tandas Herman.

Metodologi yang digunakan dalam survei ini, yakni multistage random sampling dengan mayoritas sampel di setiap kelurahan. Sampel terbagi rata disetiap kelurahan 10 orang, yang terdiri atas lima orang laki-laki dan lima orang perempuan dengan pengacakan bertingkat.

“Untuk memastikan bahwa collecting data yang dilakukan tidak ada cheating, kita adakan score check dengan mendatangi kembali responden sebanyak 20 persen dari total responden, namun tidak ditemukan perbedaan yang akurat,” sebut Herman. (rbc/in)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *