Jenderal Pol. Idham Azis Resmi Jadi Kapolri Gantikan Tito Karnavian

Presiden Jokowi memberikan ucapan selamat kepada Jenderal Pol. Idham Azis yang baru dilantiknya sebagai Kapolri, di Istana Negara, Jakarta, Jumat (1/11) pagi. (Foto: OJI/humas/setkab)

RAKYATBERSATU.COM.- Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Polri Komjen Pol. Idham Azis, Jumat, 1 November 2019 resmi menjabat Kapolri mengantikan Tito Karnavian yang saat ini menjabat sebagai Mendagri.

Idham Azis dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia di Istana Negara, Jakarta pada Jumat (1/11) pagi.

Pengangkatan Idham Azis ini tertuang dalam Keputusan Presiden Nomor 97/Polri/2019 yang ditetapkan di Jakarta, pada tanggal 1 November 2019.

Dengan diangkatnya sebagai Kapolri, pangkat Idham Azis dinaikkan menjadi Jenderal, dan itu tertuang dalam Keputusan Presiden Nomor 98/Polri/2019 tentang Kenaikan Pangkat Perwira Tinggi Polri Menjadi Jenderal Polisi.

Usai dilantik Kapolri Idhan Azis menyampaikan rasa syukurnya kepada Allah SWT karena telah dipercaya oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mengemban amanah selaku Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri).

Tak lupa Idham juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Presiden Jokowi yang telah mempercayakan kepadanya tugas selaku Kapolri itu.

“Saya juga berterima kasih kepada seluruh masyarakat Indonesia dan sekaligus mohon doanya, saya akan meningkatkan dan melanjutkan pemantapan kerja sama bersama dengan TNI untuk bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di seluruh Indonesia ini,” kata Jenderal Pol. Idham Azis kepada wartawan.

Kapolri juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada media sebagai mitra strategis Polri, dan mengajak mereka bersama-sama bergandengan tangan membuat situasi Indonesia ini aman, kemudian situasi Indonesia ini terkendali. Kalau masalah program, menurut Jenderal Polisi kelahiran Kendari, Sulawesi Tenggara, 56 tahun lalu itu, sudah dipaparkannya pada uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test di Komisi III DPR RI.

“Secara cepat nanti akan saya tindak lanjuti,” ujarnya.

Mengenai pesan Presiden Jokowi kepada dirinya, Kapolri Jenderal Pol. Idham Azis mengatakan, Presiden menyampaikan kepada dirinya untuk kerja, kerja, dan kerja.

Acara pelantikan Kapolri dihadiri, antara lain Wakil Presiden KH. Ma’ruf Amin, Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri, Ketua DPR RI Puan Maharani, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Ketua Mahkamah Konstitusi Anwar Usman, Ketua Mahkamah Agung Hatta Ali, Ketua BPK Agung Firman, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menko PMK Muhadjir Effendy, Mensesneg Pratikno, Seskab Pramono Anung, Menteri PANRB Tjahjo Kumolo, Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa, Menteri BUMN Erick Thohir. Menkeu Sri Mulyani Indrawati, Menkes dr. Terawan Agusputranto, Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita, Mendagri Tito Karnavian, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjant, dan Jaksa Agung ST. Burhanudin. (bbs/int)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *