Kementerian Desa Meminta Unismuh Makassar Bangun Perekonomian Desa

RAKYATBERSATU.COM.– Unismuh Makassar diminta memberi perhatian khusus pada pembangunan perekonomian desa karena berpeluang menciptakan lapangan pekerjaan baru di desa.

” Hal itu bisa melalui sinergi bersama perangkat desa dan masyarakat dengan mengeksplorasi potensi desa serta melakukan inovasi digital di desa secara maksimal,” demikian Orasi Ilmiah Sekretaris Jenderal Kementerian Desa (Kemendes), Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI. Anwar Sanusi, Ph.D bertajuk Tema orasi, Peluang dan Tantangan Bagi Alumni Perguruan Tinggi Membangun Indonesia dari Desa, pada Wisuda ke-56 Unismuh Makassar, Sabtu 27 Juli 2019.

Dijelaskan, peran perguruan tinggi membangun desa, daerah tertinggal, dan transmigrasi terbuka luas. Perguruan tinggi dapat melakukan pelatihan sumber daya alam, pembangunan mikro hidro dan biogas.

Pengembangan sumber daya manusia, perguruan tinggi dapat menyelenggarakan KKN Tematik, pelatihan kewirausahaan berbasis digital, pengembangan E-learning serta pelatihan Bumdes.

Untuk mendukung pengelolaan dan pengawasan dana desa, perguruan tinggi dapat melakukan pendampingan dana desa dalam sistem transparansi dan akuntabilitas pengelolaan dana desa berbasis digital.

Perguruan tinggi dapat juga melakukan sosialisasi prioritas pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa, memfasilitasi pelatihan perencanan keuangan desa serta sistem keuangan desa.

“Para alumni perguruan tinggi dapat mengimplementasikan ilmu sesuai dengan studi pembelajaran untuk meningkatkan kualitas dan daya saing masyarakat desa,” tandasnya.

Turut hadir dalam wisuda, Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haidar Nashir, Kepala LLDIKTI IX Sulawesi, Jasruddin, Ketua BPH Unismuh Makassar, Syaiful Saleh. (nasrullah-yahya).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *