KKN Perdana UMMA Dilepas Kopertis IX Sulawesi

Laporan: Ahdan Sinilele
Sekretaris LPPM UMMA Melaporkan dari Maros

RAKYATBERSATU.COM.- Koordinator Kopertis Wilayah IX Sulawesi, diwakili Sekpel Kopertis IX Sulawesi, Dr. Hawignyo melepas secara resmi mahasiswa peserta KKN perdana Universitas Muslim Maros (UMMA), Kamis (25/1/2018) di Pendopo Kantor Bupati Maros.

Turut hadir dalam acara itu, Bupati Maros diwakili Staf Ahli Bidang Hukum dan Politik H. Sulaiman, S.IO, MS., Ketua Yapim, Dr. H. Muhammad Ikram Idrus, Rektor UMMA, Prof. Hj. Nurul Ilmi Idrus, Ph.D; Wakil Rektor I dan II, Dr. H. Syahrir, SE, MM dan Muhammad Izzdin Idrus, S.P., M.P dan Ketua LPPM Dr. Hj. Suhartina, M.Hum, para pimpinan dan dosen.

Rektor UMMA, Nurul Ilmi Idrus dalam sambutannya menegaskan untuk mensinergikan program kampus dan masyarakat desa dengan mengusung tema Go Green and Go Clean.

Merealisasikan program itu dengan bekerja sama dengan Pemprov Sulsel membagikan bibit tanaman penghijauan sebanyak seribu pohon. Kehadiran mahasiswa memberi manfaat pada masyarakat desa, mahasiswa harus bisa menyesuaikan diri dengan masyarakat desa, harus bisa berkontribusi pada kemajuan desa, tegasnya.

Bupati Maros diwakili staf ahli Sulaiman meminta para mahasiswa KKN membuat program yang kreatif dan inovatif sesuai kondisi dan karakteristik masyarakat desa.

Menghadapi pilkada agar mahasiswa tidak terlibat dalan politik praktis, ber-KKN bisa menemukan banyak pengalaman yang bersentuhan dengan masyarakat.

Dan dituntut memadukan teori yang dipelajari di bangku kuliah untuk dipraktekkan di tengah masyarakat. Mahasiswa dianggap sebagai orang yang serba tahu berbagai persoalan masyakat, tegas Sulaiman.

Ketua LPPM UMMA, Dr. Hj. Suhartina, M.Hum dalam laporannya menegaskan, KKN UMMA yang perdana ini diikuti sebanyak 345 orang dari tiga fakultas, yakni; Fakultas Ekonomi dan Bisnis, FKIP, dan Fakultas Pertanian, Kehutanan dan Peternakan.

Lokasi KKN sebanyak 31 desa dari 6 Kecamatan di Kabupaten Maros dan Pangkep.
Program KKN akan memprioritaskan perubahan pola pikir masyarakat desa menuju masyarakat yang bersih dan sehat serta mandiri secara ekonomi, kecukupan pangan dan berkarakter mulia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *