Maestro Musik Indonesia, Yockie Suryo Prayogo Meninggal Dunia

Yockie Suryo Prayogo (ist)

RAKYATBERSATU.COM.– Dunia musik Indonesia kembali berduka. Kali ini kabar duka itu datang musikus Yockie Suryo Prayogo. Musisi berusia 63 tahun ini, Senin (5/2/2018) sekitar pukul 07.30 WIB di meninggal dunia di Rumah Sakit Pondok Indah Bintaro, Tangerang Selatan.

Kepergian Maestro musik Indonesia itudikabarkan musisi Indonesia, diantaranya Rian D’Masiv.Melalui Instagramnya, Rian memberi pengumuman mengenai kabar duka tersebut.

“innalilahi wainailahi rajiun.. telah meninggal dunia Om Yockie Suryo Prayogo .. seorang seniman besar .. salah satu inspirasi saya dalam bermusik .. Semoga amal ibadah beliau di terima di sisi Allah SWT dan tempatkan di tempat yang sebaik baik nya.. aminn.. Al fatihah,” tulis Rian D’Masiv.

Semasa hidupnya, musikus kelahiran 14 September 1954 tersebut telah memberikan begitu banyak sumbangsih bagi industri musik. Ia menciptakan sejumlah lagu, baik yang ia mainkan sendiri, maupun untuk penyanyi lain, sebut saja Chrisye dan penyanyi lain pada eranya.

Sejak beberapa tahun terakhir, Yockie Suryo Prayogo memang bermasalah dengan kesehatannya. Dia diketahui menderita diabetes, sirosis (kerusakan hati), dan stroke.

Yockie tak pernah berhenti bermusik. Baginya musik adalah jalan hidupnya. Dia bahkan ingin musik bisa menjadi produk budaya yang menggambarkan dan menuangkan permasalahan yang terjadi di Indonesia.

“Kalau kamu pahami, musik itu bukan sekadar hiburan, musik itu ilmu pengetahuan loh,” ungkapnya pada saat itu.

Sebelum meninggal, sejumlah musisi Indonesia menggelar konser penghormatan sekaligus penggalangan dana untuk Yockie Suryo Prayogo, pada 24 Januari lalu. Dalam konser tersebut hadir sejumlah musikus terkenal seperti God Bless, Dira Sugandi, Nicky Astria, Fariz RM, Fadly ‘Padi’ hingga Glenn Fredly.

Yockie Suryoprayogo dikenal sebagai pemain keyboard God Bless. Ia bergabung bersama Ahmad Albar dkk pada 1972. Corak permainan kibornya dianggap memberikan kontribusi dalam karakter musik God Bless.

Setelah hengkang dari God Bless, Yockie kemudian mengambil jalur solo dan memilih genre pop dalam bermusiknya. Ia memproduseri sejumlah penyanyi dan lebih banyak di belakang layar. Beberapa karyanya yang terkenal seperti lagu Lilin Kecil, dan soundtrack untuk Badai Pasti Berlalu.

Yockie Suryoprayogo kemudian bergabung dalam band Kantata Takwa bersama Setiawan Djodi dan juga Swami bersama Iwan Fals.(rbc/int)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *