Mahasiswa S3 PKLH, Joint Seminar di Malaysia

RAKYATBERSATU.COM.- Sebanyak delapan orang mahasiswa program doktor PKLH PPs UNM melakukan lawatan ilmiah dalam bentuk joint seminar selama lima hari, tgl 4-8 April 2018 di Univeristi Teknologi Malaysia. Program ini bertujuan memberi pengalaman akademik bagi mahasiswa doktor.

Menurut Dr. Nurulita Pertiwi, MT, lawatan ilmiah hampir dijadikan sebagai kalender akademik di prodinya. “Setiap tahun mahasiswa yang menginisiasi untuk melakukan presentasi makalah di Malaysia. Jadi, ini murni kontribusi mahasiswa karean selama ini sangat dirasakan manfaatnya bagi pengembangan ilmu,” kata dosen FT UNM ini.

Nurulita menambahkan topik makalah yang dipresentasikan di UTM harus terkait dengan topik penelitian disertasinya sehingga dapat dinilai sebagai karya ilmiah penunjang untuk menyelesaikan studi doktoral.

Turut mendampingi rombongan PR IV UNM, Prof.Dr.Gufran Dirawan, M.EMD. Alumni ANU Australia ini sangat mendukung kegiatan kunjungan luar negeri mahasiswa PPs. “Kegiatan ini akan meningkatkan peringkat UNM,” tegas dosen FT UNM.

Rombongan diterima langsung Dean of Education Faculty UTM, Prof.Dr.Muhammad Sukri Saud. Dalam pertemuan itu digagas pula kerja sama antaruniversitas melalui program double degree PPs UNM dan UTM.

Prof.Dr.Anshari,M.Hum. selaku Asdir Bidang Kerja Sama dan Publikasi PPs UNM sangat mengapresiasi kegiatan akademik ini. “Salah satu program unggulan bagi mahasiswa doktor adalah Program Sandwich Like-Like. Program ini mengedepankan pengalaman akademik di luar negeri, terutama pembekalan mahasiswa untuk menerbitkan artikel pada jurnal internasional sebagai prasyarat meraih gelar doktor,” kata Prof. Anshari

Dosen FBS UNM ini menambahkan selama ini PPs UNM telah menggandeng beberapa universitas dunia yang tersohor di Amerika Serikat dan Australia. “Belum lama ini, 15 orang mahasiswa program doktor Ilmu Administrasi Publik melakukan kunjungan dan belajar di University Queesland Brisbane. Mereka dilatih menulis artikel jurnal internasional dari dosen di universitas terbaik 10 di dunia,” pungkas Anshari. (wahyudin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *