Meski Izin Dicabut, Abu Tour Wajib Berangkatkan Jemaahnya

RAKYATBERSATU.COM.- Meski Izin operasional travel Abu Tours telah dicabut oleh Kementerian Agama namun perusahaan milik Hamzah Mamba alias Abu Hamzah ini tetap wajib memberangkatkan jemaahnya tanpa biaya tambahan lagi.

“Sanksi administrasi telah dicabut izinnya sebagai penyelenggara ibadah umrah, tidak bisa lagi terima pendaftar yang baru. Tetapi, wajib berangkatkan semua jemaah yang telah mendaftar,” ungkap Abdul Wahid Tahir, Kakanwil Kemenag Sulsel dalam konferensi pers di Aula Kemenag Sulsel di Jalan Nuri, Rabu (28/3/2018).

Selain itu, Abu Tour juga berkewajiban mengembalikan uang para agen atau melimpahkan jemaah ke travel lainnya.

“Kalau tidak diberangkatkan, kembalikan seluruh biaya umrah yang telah dibayarkan oleh jemaah atau limpahkan jemaah umrah ke travel lain, tanpa menambah biaya apapun,” tandas Abdul Wahab Tahir.

Ditegaskan Abdul Wahab Tahir bahwa pengembalian biaya umrah tersebut sudah sesuai berdasarkan Peraturan Menteri Agama No. 18 tahun 2015.

Direktur Operasional Pelaksana Abu Tours, Rizal Asfat yang juga hadir dalam konferensi mengatakan pihaknya menghadapi situasi yang sangat sulit karena pimpinanya telah ditahan.

“Saat ini kami masih memberangkatkan jemaah. Hari ini ada tiga ratus yang akan diberangkatkan langsung menuju Madinah. Tapi kalau untuk jemaah yang tidak mengikuti isi maklumat, saya belum tahu,” sebutnya.(in/rbc)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *