Mohammad Hasan: Profesi Penulis Perlu Dihargai

RAKYATBERSATU.COM.– “Sepuluh kali kita bicara, tidak terlalu diingat tapi satu goresan seorang penulis akan abadi, apalagi jika punya nilai sejarah,” begitu disampaikan Mohammad Hasan, SH, MH, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan. Dia menyampaikan hal itu saat membuka Seminar dan Bedah Buku Novel “Noni Societeit de Harmonie” karya Yudhistira Sukatanya di Hotel Gammara, Jalan Metro Tanjung Bunga, Makassar, Senin, 17 Februari 2020.

Menurut Mohammad Hasan, acara diskusi dan bedah buku itu bukan semata-mata merupakan momen bagi penulisnya tapi juga merupakan momen historis bagi bangsanya. Itu sebabnya, kata dia, profesi penulis perlu dihargai karena mereka membuat karya yang terus dapat dibaca, dipelajari, dan diwariskan bagi generasi selanjutnya.

Mohammad Hasan juga menyampaikan rencana Festival Aksara Lontaraq, pertengahan tahun ini. Tujuannya, untuk mengangkat harkat, martabat dan gengsi masyarakat Bugis Makassar. Karena tidak banyak bangsa-bangsa di dunia yang punya aksara sendiri. Dikatakan, aksara itu menunjukkan budaya dan peradaban suatu bangsa. Dia berencana akan menjadikan aksara lontaraq sebagai tulisan yang jadi penunjuk layanan publik sehingga lebih memasyarakat. Pada kesempatan itu, dia juga menyampaikan rencana Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan yang akan menggelar Jambore Literasi di Kabupaten Bantaeng.

Pada sesi diskusi buku, Yudhistira Sukatanya, mengungkap proses penulisan novelnya, yang ditulis dalam kurun 4 tahun. Prosesnya relatif lama. Karena ketika novel ini mulai dikerjakan, dia masih disibukkan dengan urusan-urusan dinasnya di Radio Republik Indonesia (RRI). Setiap kali dia menulis, sering dia membagikan file-file tulisannya itu ke beberapa sahabatnya. Jadi kalau filenya hilang, dia minta kembali ke sahabatnya itu.

“Prosesnya cukup lama, lantaran saya berpindah dari satu kota ke kota lain. Pernah di Natuna, Ternate, dan di Bengkulu,” tutur pendiri Sanggar Merah Putih dan Sinergi Teater Makassar itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *