Pengaruh Berita bagi Karakter Anak

Wawancara Reporter TeleFiBi SDN KoSamJa dalam rangka Hari Pers Nasional

RAKYATBERSATU.COM.- “Oo besar sekali. Berita itu sangat besar pengaruhnya pada anak,” begitu jawaban Dr Ichsan Yasin Limpo, SH, MH, ketika ditanya oleh Fani, kru TeleFiBi SDN KoSamJa, terkait dampak berita pada anak. Menurut mantan Bupati Gowa dua periode itu, berita bisa membentuk karakter anak-anak. Karena itu perlu kehati-hatian agar anak-anak tidak meniru kasus-kasus negatif. Sebab menurutnya, inilah yang akan mempengaruhi anak saat dia dewasa nanti.

Pria yang namanya sering ditulis singkat dengan IYL itu diwawancarai oleh Fani dan Nisa disela-sela kunjungan ke Tribun Timur, Jumat (9/2/2018), yang tengah memperingati hari ulang tahunnya ke-14. Kru TeleFiBi lainnya, Iqbal, tanpa canggung merekam wawancara ini melalui kamera video dari androidnya.

Ketika ditanya apa pesan Pak Ichsan bagi anak-anak Sulawesi Selatan? Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Sulawesi Selatan ini mengatakan, anak-anak Sulawesi Selatan harus selalu mengedepankan kerjasama. Harus selalu saling membantu. Karena itu salah satu modal kita dalam membangun daerah ini.

Field trip ke kantor media ini juga berkaitan dengan peringatan Hari Pers Nasional (HPN), sehingga kru TeleFiBi juga mewawancarai seorang penulis muda yang bekerja di Tribun Timur, M. Galang Pratama. Wawancara dilakukan oleh Nisa dan Fani. Kepada Galang, kru TeleFiBi itu bertanya apa yang dirasakannya selama bergabung di Tribun Timur. Galang, yang dikenal juga sebagai penyair itu menjawab, ia merasakan tantangan berupa persaingan antarmedia yang cukup sengit.

“Tantangan media sekarang adalah kian bersaing. Jadi harus menampilkan berita-berita yang positip, faktual dan terpercaya untuk memenuhi kebutuhan informasi masyarakat,” paparnya.

Galang juga menambahkan, apa yang mesti dilakukan media, lewat berita-beritanya pada anak-anak.

“Media mesti bisa menumbuhkan rasa ingin tahu agar anak mau membaca,” begitu imbuhnya sebagai refleksi HPN tahun 2018.

Kepala SDN Kompleks Sambung Jawa, Fahmawati, S.Pd gembira melihat keberanian anak didiknya saat melakukan wawancara, baik dengan seorang tokoh maupun dengan penulis dan jurnalis.

“Alhamdulillah. Ada banyak pengalaman yang didapat Fani, Nisa, Kia dan Iqbal saat berkunjung ke kantor media tadi,” katanya.

Kunjungan ini, kata Fahmawati, sebagai bentuk apresiasi dan ucapan terima kasih pada teman-teman wartawan yang sudah banyak memberitakan kegiatan sekolahnya. Kegiatan ini juga sekaligus praktik jurnalistik dan untuk mengenal aktivitas wartawan, yang diistilahkan dengan KePo (kenali profesi).

“Kita mau perlihatkan kegiatan kakak-kakak wartawan kepada murid-murid sebagai pembelajaran agar mereka lebih termotivasi,” katanya.

Dalam kunjungan ini, SDN Kompleks Sambung Jawa memberikan kado berupa 14 tunas pohon palem, sesui usia koran Tribun Timur, sebagai simbol pesan hijau (go green). Karena sekolah ini merupakan Sekolah Adiwiyata.(rt/r)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *