Penomoran Ijazah Nasional Tutup Praktek Kampus Abal-Abal

Rakerwil dibuka Menristekdikti RI diwakili, Direktorat Pembinaan Kelembagaan Pendidikan Tinggi, Dr. Totok Prasetyo, B. Eng, MT.

RAKYATBERSATU.- Kebijakan penomoran ijazah nasional  diharapkan menjadi benteng terakhir menutup  praktek perguruan tinggi  abal-abal yang memproduk ijazah.

“Pembuatan ijazah secara nasional dan online akan memudahkan semua pihak dan meringankan dalam berbagai urusan,  terkait penggunaan ijazah sehingga tidak perlu lagi minta  fatwa untuk keabsahan ijazah yang diproduk kampus, “kata Menristekdikti RI diwakili, Direktorat Pembinaan Kelembagaan Pendidikan Tinggi, Dr. Totok Prasetyo, B. Eng, MT saaat membuka Rakerwil Kopertis IX , Jumat (19/5/2017) di Kota Kendari.

Dijelaskan Totok, terkait   Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi Online (SAPTO) merupakan salah satu cara ditempuh pemerintah untuk memberi efesien dan efektif  serta keterbukaan. Semua pihak dengan mudah dan gampang mengakses status akreditasi prodi dan perguruan tinggi, tandas Totok.

Wakil Gubernur Sultra, Saleh Lasata diacara yang sama merespon kehadiran kegiatan lintas provinsi dengan mendatangkan pimpinan PTS dari seluruh Sulawesi. Lewat kegiatan ini, para peserta akan menyaksikan suasana kehidupan masyarakat dan keindahan alam dari obyek wisata, tandasnya.

Sementara itu  Koordiantor Kopertis IX Sulawesi, Andi Niartiningsih dalam laporannya mengatakan, rakerwil sudah menjadi rutin dilaksanakan setiap tahun mengevaluasi program yang disepakati tahun sebelumnya.  Dan pada rakerwil ini hadir 365 pimpinan PTS berasal dari enam provinsi di Pulau Sulawesi.

Pimpinan kampus yang hadir di antaranya; Rektor UMI Makassar, Masruarah Mukhtar, Rektor Unismuh Makassar, Rahman Rahim, Rektor UPRI, Andi Niniek F Lantara, Rektor Universitas Sawerigading, Andi Melantik Rompegading, Ketua STKIP YAPIM Maros, Kaharuddin, Ketua STKIP PI Makassar, Muh Yunus, Rektor Unismuh Palu, Rajindra Rum, Sekretaris Satuan Pengawas Internal Kopertis IX Sulawesi, Dr.H.Abd Salam Siku, SH, MH

Turut hadir Wakil Gubernur Sulsel, Saleh Lasata, Kordinator dan Sekretaris Kopertis Wilayah IX Sulawesi, Prof Dr.Ir. Andi Niartiningsih, MP dan Dr. Hawignyo, MM, Sekretaris APTISI Wilayah A, Sulawesi dan Deputi I Rektor Universtas Fajar,  Dr. Mulyadi Hamid, SE, M.Si dan seluruh pimpinan PTS se-Sulawesi. (yahya)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *