Pers Mahasiswa Universitas Sawerigading Berkarya Melintasi Kampus

Laporan: Darsil Yahya M
Aktivis Pers Kampus Universitas Sawerigading Makassar

RAKYATBERSATU.COM.– Lembaga Pers Mahasiswa Universitas Sawerigading Makassar (LPM-UNSA) terbentuk 14 Desember 2017.

Lembaga yang tergolong baru di Unsa ini dibentuk atas inisiatif mahasiswa bukan dari jurusan komunikasi namun digagas dari lintas fakultas yakni; dari FISIPOL, Fakultas Hukum, dan dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP).

Lembaga yang baru berusia kurang lebih 3 bulan ini di rintis oleh lima orang mahasiswa semester 7 yaitu Nirwan dari Prodi Sosiologi, Muh. Ma’ruf dari Prodi Sosiologi.

Nikita Ayu Rahmawati dari Prodi Administrasi Publik, Darsil Yahya M dari Fakultas Hukum dan Nurul Maqfirah dari Prodi Pendidikan Matematika (FKIP) Unsa.

Kelima mahasiswa inilah membentuk lembaga pers mahasiswa pertama sejak berdiri kampus Unsa 74 tahun yang lalu.

Tetapi kelima mahasiswa ini tidak langsung membentuk lembaga pers namun ada salah seorang yang punya andil besar dalam pembentukan lembaga terebut.

Orang itu adalah Dr. Muhammad Yahya M.Si, sehari-hari adalah Dekan FISIP Unsa sekaligus mantan wartawan harian Pedoman Rakyat era tahun 90-an.

Atas bimbingannya kelima mahasiswa ini aktif menulis dan membuat berita, dan ditangan pria kelahiran Kahu Bone ini pula bakat kelima mahasiswa tersebut terus di asah kemampuannya dalam segi penulisan berita.

Setelah dianggap sudah cukup mahir dalam membuat dan menulis berita, Nirwan, Nikita Darsil, Ma’ruf dan Fira , merencakan pembentukan stuktur kelembagaan dan disepakatilah Nikita Ayu Rahmawati sebagai pimpinan umum (PU).

Muh Ma’ruf sebagai sekertaris umum, Nurul Maqfirah sebagai bendahara umum, Darsil Yahya M sebagai pimpinan redaksi dan yang terakhir Nirwan di bidang Litbang serta Dr. Muhammad Yahya M.Si dan Nur Jayanti Kaharuddin, S,Pd.,M.Pd sebagai pembina.

Mengigat kelima mahasiswa tersebut sudah berada di semester akhir, lembaga yang telah medapatkan struktur kepengurusan ini merencanakan perekrutan anggota baru untuk membuat generasi pelanjut.

Melalui hasil karya yang sudah dimuat di berbagai media, baik itu media online maupun media cetak, ada beberapa mahasiswa merasa tertarik untuk gabung menjadi anggota LPM.

Meski tergolong lembaga baru, LPM Unsa sudah membuat karya lintas kampusnya dan dipublikasi baik itu di media online maupun media cetak.

Karya LPM Unsa tersebar di beberapa media online di antaranya; Fajar Online.com, Tribun timur.com, Upeks.com, Berita Sul-Sel.com, Lintas Terkini.com.

HaluanNews.com, Lamellong.com, Rakyatku.com, Beritalima.com, PotretSulsel.com, portal sulsel.com, Bonepos.com, Bugispos.com,latemammala.com, lintasterkini.com, dan inipasti.com, Rakyatbersatu.com, Bonepos,

Serta di media cetak juga ada beberapa anggota kami tulisannya sudah dimuat di Harian Tribun Timur.

Salah seorang dari anggota LMP Unsa sudah ada yang membuat novel, dia adalah Nikita dari jurusan Administrasi Publik dengan judul Novel “Senja”.

Sudah da juga dari anggota LMP Unsa pernah mewawancarai Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) SulSel, Drs. Muh.Iqbal Latief, M.Si dan Ketua Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI) Pusat yakni, Dr.Ir. M. Budi Djatmiko, M.Si.,MEI.

Selain itu LPM Unsa juga sudah beberapa kali melakukan kunjungan kebeberapa redaksi media cetak dan instansi pemetintah diantaranya, Kantor redaksi harian Fajar , Kantor redaksi Harian Tribun Timur dan Kantor Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulsel.

“Semoga lembaga ini dapat tetap eksis dikalangan masyarakat dan bisa terus menyajikan berita-berita yang bermanfaat baik didalam maupun diluar kampus.

Lembaga ini mampu melahirkan kader yang dapat melanjutkan LPM yang dirintis oleh para senior, serta kedepannya bisa lebih baik lagi dan mampu bersaing dengan lembaga-lembaga pers lainnya. Kata Nirwan.

Pria kelahiran Malngke ini juga berharap kedepan lembaga ini banyak diminati oleh mahasiswa di ruang lingkup kampus.

LPM yang memiliki anggota sebanyak 11 orang itu, baru-baru ini telah mengikuti kegiatan camping bersama yang digelar oleh Perhimpunan Pers Mahasiswa Indonesia (PPMI) di Biseang Labboro (Bislap) Kabupaten Maros.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *