Prof Andi Niartiningsih : Hasil Penelitian Dikerjasamakan

Koordinator Kopertis IX Sulawesi Prof Dr Ir Andi Niartiningsih, MP didampingi Sekretaris Pelaksana Kopertis Dr Hawignyo, MM, Kepala Bidang Kelembagaan dan Sistem Informasi, Drs A. Lukman, M.Si usai membuka acara penandatangan kontrak penugasan penelitian dan pengabdian pada masyarakat bagi pimpinan PTS Kopertis IX, Selasa (9/5/2017) di Aula Kopertis IX.—nasrullah—

RAKYATBERSATU.COM.-Koordinator Kopertis Wilayah IX Sulawesi, Prof Dr Ir Andi Niartiningih, MP,  mengharapkan, hasil penelitian yang dihasilkan oleh perguruan tinggi swasta lingkup Kopertis IX Sulawesi,  tidak harus berhenti pada hasil pelaporannya saja, tetapi diupayakan dapat terakreditasi scopus, untuk bisa dikerjasamakan dengan dunia industri.

“Kita berharap hasil penelitian yang dihasilkan itu, tidak hanya dirasakan oleh penelitinya saja, tetapi diharapkan manfaatnya bisa dirasakan oleh masyarakat luas,”harap guru besar Fakultas Kelautan dan Perikanan Unhas ini.

Prof Andi Niar, mengatakan, hal ini dihadapan 91 pimpinan perguruan tinggi swasta lingkup Kopertis Wilayah IX, saat penandatanganan kontrak penugasan penelitian dan pengabdian pada masyarakat PTS lingkup Kopertis IX, dan penyerahan SK Prodi PGSD  Kendari, Selasa (9/5/2017) di Aula Kopertis IX.

Andi Niar, mengatakan, tahun ini semangat meneliti bagi dosen sudah mulai tumbuh dan ini sudah sangat menggembirakan bila dibandingkan tahun lalu. Begitu pula kegiatan pengabdian pada masyarakat. Untuk kegiatan penelitian tahun ini mencapai Rp31 M lebih dua kali lipat peningkatannya dibandingkan tahun lalu. Begitu pula untuk kegiatan pengabdian pada masyarakat tahun lalau hanya memperoleh Rp 7 M lebih, tahun ini meningkat menjadi Rp 9 M lebih.

Disampaikan  PTS lingkup  Kopertis IX Sulawesi, sudah ada 7 PTS  berada di klaster  penelitian utama dan madya. Dua perguruan tinggi  masuk klaster utama, yakni Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar yang tahun ini mendapat dana penelitian dan pengabdian masyarakat Rp 8,8 miliar lebih, dan  Universitas Cokroaminioto.

Sementara 5 perguruan tinggi swasta Kopertis IX yang masuk klaster madya, yaitu Universitas Muhammadiyah (Unismuh Makassar) tahun ini memperoleh Rp3,2 M lebih,  UKI Paulus Makassar  tahun ini meloloskan 28 judul dengan total dana Rp1,8 M lebih,  Univerisitas Muhammadiyah Parepare dengan total dana yang diperoleh Rp 2 M lebih,  Universitas Buton dan Universitas Al-Khaerat Palu.

“Saya berharap ini bisa menjadi motivasi bagi perguruan tinggi lainnya untuk lebih menigkatkan klaster penelitiannya maupun pengabdiannya. Sangat yakin jika ini menjadi komitmen bagi seluruh pimpinan PTS,  kedepan  pasti gairah dosen untuk meneliti maupun untuk kegiatan pengabdian jumlahnya semakin besar,”kunci Koordinator Kopertis IX. (nasrullah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *