Prof Muhadjir: Indonesia Masuk 20 Negara di Dunia yang Ekonominya Bagus

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Prof Dr Muhadjir Effendy sedang berbincang dengan dosen Unismuh Makassar usai memberikan kuliah umum  di lantai 3, Balai sidang Kampus Unismuh Makassar, Kamis (15/2/2018).-nasrullah-

 

RAKYATBERSATU.COM.- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Prof Dr Muhadjir Effendy, menyampaikan Indonesia saat ini masuk 20 negara di dunia  yang ekonominya sudah bagus.

Maka sudah waktunya Indonesia membantu Negara-negara sahabat yang dilanda masalah, diantaranya Palestina, Ronghiya,  Afganistan dan lainnya.

“Indonesia tidak cukup hanya prihatin. Tetapi harus ada sikap tegas dari Indonesia untuk membantu Negara tersebut. Apakah itu bantuan makanan, pakaian, kesehatan dan lainnya,”ujar Mendikbud RI, Prof Muhadjir.

Mendikbud RI, Muhadjir Effendy menyampaikan hal ini saat  memberikan kuliah umum dihadapan civitas akademika Unismuh Makassar, Kamis (15/2/2018), di Balai Sidang Kampus Unismuh Makassar.

Dikatakan, ada dua Negara yang  memiliki komitmen untuk membentu Negara tetangga yang mengalami masalah, yakni Turki dan Indonesia. Kedua Negara ini, lanjut Prof Muhadjir, tidak hanya prihatin apa yang dirasakan oleh negara tetangga, tetapi betul-betul diwujudkan dalam bentuk memberikan bantuan, barupa makanan, pakaian dan kesehatan.

Prof Muhadjir , mengatakan, jadi sekarang ini Indonesia bukan lagi waktunya untuk meminta-minta kepada Negara lain, tetapi sudah waktunya untuk membantu, dan itu sudah dibuktikan oleh Indonesia.  Bahkan Unhas sudah  pernah mengirim tim medis ke luar negeri untuk misi kemanusiaan. Tidak hanya tim medis tetapi juga bantuan obat-obatan.

Dalam kesempatan tersebut Mendikbud RI juga berpesan kepada  Kepala Pusat Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Kelautan, Perikanan Teknologi Informasi dan Komunikasi Prof Dr Irwan Akib dapat bekerjasa sama dengan Universitas Muhammadiyah Makassar untuk mengembangkan dua sektor, yakni  sektor kelautan dan sektor  Teknologi Informasi dan Komunikasi.

“Jika tugas ini bisa dilaksanakan dengan sebaik-baiknya maka Unismuh Makassar akan  menjadi sebuah kampus terdepan. Karena bisa menjadi pelopor kemajuan  di bidang kalautan dan teknologi informasi,”ujarnya seraya menambahkan maju tidaknya kedua sektor  di Kawasan Timur Indonesia ini tergantung Unismuh bersama LP3TK-KPTK.

Walaupun demikian, Prof Muhadjir mengakui  bangsa kita ini  sedikit lambat perkembangannya, karena sumber daya manusia yang kita miliki masih sangat  rendah,  termasuk  tingkat keterampilan yang  kita miliki  kita tertinggal dengan Negara-negara  tetangga.

Disinilah peran strategis  perguruan tinggi  untuk bisa menciptakan sumber  daya- sumber daya  manusia yang unggul sekaligus kompetitif, ujar Mendikbud RI Prof Muhadjir.(nasrullah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *