Selamat Jalan Mr Crack, Kami Selalu Ingat Pesanmu

Presiden Jokowi menjadi Inspektur Upacara pada pemakaman Presiden ke-3 RI Prof. B.J. Habibie, di TMP Kalibata, Jakarta, Kamis (12/9) siang. (Foto: Rahmat/Humas Seskab)

RAKYATBERSATU.COM.- Presiden ketiga RI Bacharuddin Jusuf Habibie, Kamis (12/9) siang pukul 14.00 WIB, dimakamkan di sebelah istrinya, Ibu Ainun Habibie di TMP Kalibata.

BJ Habibie dimakamkan di kavling slot 120, tepat di sebelah slot makam Ibu Negara Ainun Habibie. Upacara pemakaman dipimpin oleh Presiden Joko Widodo sebagai inspektur upacara.

“Pada acara yang khidmat ini, saya mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk berterima kasih dan memberikan penghormatan yang tinggi atas dharma bakti almarhum yang tinggi kepada bangsa dan negara,” ujar Jokowi saat sambutan dalam prosesi pemakaman BJ Habibie di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (12/9/2019).

Jokowi mengajak masyarakat Indonesia mendoakan Almarhum BJ Habibie agar arwahnya diterima dan diberi tempat terbaik di sisi Allah. “Kepada keluarga almarhum yang ditinggalkan semoga Allah senantiasa memberikan ketabahan dan kesabaran serta menerima kepergian almarhum dengan ikhlas dan tawakal,” ucap Jokowi.

Jokowi dikesempatan itu menyapa Habibie dengan julukan Mr Crack. Julukan tersebut didapat Bapak Teknologi Indonesia itu karena penemuan-nya di dunia penerbangan, yakni crack progression theory alias teori Habibie.

“Selamat jalan Mr crack, selamat jalan sang pionir, kami akan selalu ingat pesanmu: Jangan terlalu banyak diskusi, jangan cengeng, tetapi terjunkan diri ke nilai tambah secara konsisten, pasti Indonesia akan terkemuka di Asia Tenggara dan di dunia,” tutup Jokowi.

Sekedar diketahui, BJ Habibie berjasa di dunia penerbangan. Atas jasanya itu Habibie mendapat julukan Mr Crack. Teori tersebut dipakai untuk memprediksi crack propagation point, atau letak awal retakan pada pesawat, terutama sayap yang merupakan struktur penyangga.

Habibie menghasilkan temuan itu saat usianya masih 32 tahun. Ia berhasil membuat perhitungan sangat detil, sampai ke tingkat atom.

Upacara pemakaman kenegaraan terebut  dihadir Wakil Presiden Jusuf Kalla, Presiden Ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono, mantan wakil presiden Try Sutrisno, Hamzah Haz,  Boediono, Ibu Negara Iriana Widodo dan Ibu Mufidah Jusuf Kalla, dan Presiden Ke-5 RI Megawati Soekarnoputri.

Sejumlah pejabat juga hadir antara lain Menko Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri ESDM Iganasius Jonan, Wamen ESDM Archandra Tahar, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.(bbs/r)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *