113 Sarjana dan Ahli Madya Stikes Gunung Sari Makassar Diwisuda

Ketua Stikper Gunung Sari Makassar, Dr Pius Nalang, M.Kes saat mmberikan sambuatan diacara wisuda sarjana dan ahli madya Stikper dan Akbid Gunung Sari Makassar,  Rabu 28 Agustus 2019.

RAKYATBERSATU.COM.– Sebanyak  113 sarjana  dan ahli madya yang terdiri dari,  76  sarjana S1 Keperawatan,  11 ahli madya (D3) Keperawatan, dan 26 ahli madya Kebidanan  pada Sekolah Tinggi  Ilmu  Keperawatan (Stikper)  dan Akademi Kebidanan (Akbid)  Gunung Sari tahun akademik 2018-2019  diwisuda sekaligus diambil sumpahnya, Rabu 28 Agutus 2019, di Hotel Mercure Makassar.

Pelantikan dan penyumpahan  dilaksanakan dalam rapat senat  terbuka luar biasa yang dipimpin Ketua Senat yang juga Ketua Stikper  Gunung Sari,  Dr Pius Nalang, M.Kes.

Hadir dalam acara wisuda dan penyumpahan,    Anggota Majelis Akreditasi BAN-PT, Prof Dr H Mansyur Ramly sekaligus yang  membawakan orasi ilmiah, Sespel LLDIKTI Wilayah IX Sulawesi dan Gorontalo,  Andi Muhammad Amir,  ketua Yayasan Pendidikan Gunung Sari  Makassar dan pimpinan lembaga profesi  keperawatan dan kebidanan Kota Makassar serta undangan lainnya.

Ketua Stikper Gunung Sari Makassar, Dr Pius Nalang, M.Kes,  menyampaikan  bahwa Stikper maupun Akbid Gunung Sari Makassar  sekarang ini sudah bergabung menjadi  Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Gunung Sari Makassar.

Dikatakan, kehadiran Anggota Majelis Akreditasi BAN-PT, Prof Dr H Mansyur  Ramly dan LLDIKTI Wilayah IX Sulawesi dan Gorontalo dalam acara wisuda Stikper dan Akbid Gunung Sari Makassar, bukan tanpa alasan. Tapi ini menunjukkan  kalau organisasi Stikper dan Akbid Gunung Sari Makassar  berjalan sehat dan dipercaya oleh masyarakat.

Kepercayaan masyarakat ini, karena Stikper dan Akbid Gunung Sari Makassar mampu menghasilkan lulusan  yang berkualitas. Terbukti beberapa lulusannya telah menjadi  pejabat  tenaga kesehatan di beberapa wilayah.

Diantaranya di NTT, sejumlah alumni menjadi kepala  Puskesmas dan bahkan ada yang sudah menjadi kepala rumah sakit. Dia juga mengatakan, Stikepr dan Akbid Gunung Sari tetap komitmen menjalankan aturan yang sebenar-benarnya dari Kemenristekdikti, termasuk  tidak akan pernah  mau membuka kelas jauh .

Dikatakan Pius Nalang, dalam pengembangan Stikes Gunung Sari Makassar kedepan,   akan berencana membuka beberapa  program studi baru, yakni D3 Gisi, S2 Kesehatan Masyarakat dan akan berjuang lagi  untuk membuka program studi Farmasi.

 Dia juga menyampaikan tantangan yang dihadapi perguruan tinggi khususnya yang menyelenggarakan pendidikan  keperawatan dan kebidanan dengan perkembangan teknologi dan informasi  yang begitu cepat perkembangannya  itu sangat berat.

Meskipun  tantangannya  berat, sebut Pius Nalang,   perkembangan teknologi  informasi  bukanlah sesuatu  yang perlu  ditakuti apalagi  untuk dihindari, tetapi justru dengan kemajuan teknologi  ini bisa menjadi motivasi bagi  tenaga kesehatan  untuk l terus menerus melakukan inovasi – inovasi  baru dalam pengembangan  dirinya.

  Sementara itu, Prof Dr H Mansyur Ramly dalam orasinya mengangkat tema  mengantisipasi dan motivasi  layanan kesehatan  dalam  era industry 4.0. Masnyur Ramly mengatakan, era industry 4.0  ditandai dengan perkembangan teknologi dan ini berdampak pada  kehidupan kita termasuk perguruan tinggi. Aktivitas kita yang sudah mapan saat ini  berubah menjadi suatu kehidupan yang baru.

Meskipun demikian  sebut Mansyur Ramly secanggih apapun teknologi tidak akan pernah mangalahkan manusia. Dan apa yang  harus dibuat agar kita tidak dikalahkan oleh perkembangan teknologi adalah dengan inovasi.

 “Agar kita tidak dikalahkan pesatnya teknologi  maka mari kita menemukan cara-cara baru  untuk memberikan pelayanan yang lebih baik,”tandas  Prof Mansyur Ramly.

Sementara  Sespel LLDIKTI Wilayah IX Sulawesi dan Gorontalo,  Andi Muhammad Amir, dalam sambutannya, menyampaikan terima kasih kepada  pengelola maupun penyelenggara  pendidikan Stikper dan Akbid  Gunung Sari  yang telah mengelola organisasinya dengan baik sehingga perguruan tinggi ini bisa dipercaya oleh masyarakat.  (nasrullah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *