26 Dosen Unismuh Makassar Ikuti Program Conversation Class

Ketua Lembaga Bahasa Unismuh Makassar, Maharida SPd., MPd.

RAKYATBERSATU.- Menghadapi era globalisasi saat ini, penguasaan bahasa dunia telah menjadi salah satu hal penting untuk diketahui, terkhusus bagi yang bergelutdi dunia pendidikan, terutama bagi dosen dan mahasiswa.

Penguasaan bahasa, tidak hanya terbatas pada bahasa Inggris  saja, tetapi juga bahasa-bahasa dunia lainnya mutlak untuk dikuasai, termasuk bahasa Arab, Cina, Korea, Jerman dan lainnya.

Rektor Unismuh Makassar, Dr H Abdul Rahman Rahim, SE,MM sangat menyadari hal itu dan dia buktikan. Hal ini dapat kita lihat keseriusan rektor dalam hal pengembangan sumber daya dosen, terutama dalam peningkatan penguasaan bahasa dunia, yakni dengan dibukanya program ‘Conversation Class for Lecturers’ melalui Lembaga Bahasa Universitas Muhammadiyah (LBU) Makassar.

Yang menarik,  dengan program ini, karena peserta selama mengikuti kursus bahasa asing yang berlangsung dua bulan, dibebaskan dari seluruh pembiayaan alias gratis. Tetapi semua yang terkait dengan pembiayaan selama program berjalan ditanggung oleh Unismuh.

Bahkan Rektor Dr H Abdul Rahman Rahim, ketika membuka program ini di Unit Bisnis Centre (UBC) Unismuh  Kamis (4/5) lalu, mengatakan, bagi peserta yang masuk sepuluh besar akan direkomendasi oleh LBU  untuk mengikuti tes TOEFL, juga tidak dikenakan biaya, tetapi ditanggung oleh Unismuh Makassar.

Ketua Lembaga Bahasa Unismuh Makassar, Maharida SPd., MPd, kepada wartawan, mengatakan, sejak dibukanya program ini,  jumlah peserta yang sudah memastikan ikut program sebanyak 26 orang. Mereka  berasal dari perwakilan fakultas.

Pejabat struktural Unismuh termuda saat ini,  juga mengatakan, persyaratan untuk mengikuti program ini, adalah peserta yang  tercatat sebagai dosesn tetap Unismuh. Usianya maksimal 35 tahun. Selain itu, bagi yang ikut dalam progam ini jugaberkomitmen  untuk melanjutkan jenjang studi S3 ke luar negeriUnismuh Makassar melalui lembaga bahasa  melakukan kemitraan dengan IIEF (Indonesia International  Education Foundation. Menurut Maharida, IIEF  adalah satu-satunya lembaga  pemilik lisensi  TOEFL ITP yang berpusat di Jakarta.(nasrullah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *