Andi Lukman: Era Distruption, Perguruan Tinggi Dituntut Selalu Berinovasi

Kepala Bidang Kelembagaan dan Sistem Informasi Kopertis IX Sulawesi, ketika mewakili Koordinator Kopertis IX dalam acara penutupan pameran perguruan tinggi ke-11 Kopertis IX Sulawesi di Celebes Convention Center Makassar, Kamis (8/2/2018).-foto nasrullah-

RAKYATBERSATU.COM.-Kepala Bidang Kelembagaan dan Sistem Informasi Kopertis IX Sulawesi, Drs Andi Lukman, M.Si, mengatakan, menghadapi era disruption innovation’ saat ini, perguruan tinggi harus bias melakukan inovasi baru.

Era ini dianggap sebagai sebuah perubahan sistem yang tidak terlihat namun perkembangannya begitu cepat dan bias menghancurkan sistem yang sudah ada, dan suka tidak suka, perguruan tinggi tidak bias menghindar dari era tersebut. Tarulah yang lebih spesifik saat ini adalah munculnya taksi online.

Menghadapi era yang begitu cepat perkembangannya ini, kata AndiLukman, perguruan tinggi harus senantiasa melakukan terobosan agar tetap unggul dalam persaingan global.

Boleh jadi kedepan dengan perkembangan teknologi dan informasi perguruan tinggi banyak pekerjaan yang bias hilang, boleh jadi kedepan perguruan tinggi tidak lagi butuh ruang kelas sebagai ruang belajar mahasiswa dan bahkan kedepan mungkin saja perguruan tinggi sudah tidak lagi membutuhkan dosen.

Ini tantangan yang luar biasa beratnya, karenanya perguruan tinggi selalu dituntut mampu menciptakan inovasi-inovasi yang dapat menciptakan kompetensi.

Karena kata Andi Lukman, lulusan terbaik tidak hanya muncul dari kampus yang hebat, atau yang memiliki gedung yang bertingkat, namun di era distruption ini, kampus yang hebat pun kalau tidak berinovasi maka sulit untuk bersaing, baik ditingkat regional maupun internasional.

Andi Lukman menyampaikan hal ini ketika mewakili koordinator kopertis IX Sulawesi menutup Sulawesi Aducation and Techno Expo 2018 di Celebes Convention Center Makassar, Kamis (8/2/2018). Pameran perguruan tinggi ke-11 Kopertis IX ini diikuti seratusan perguruan tinggi swasta maupun negeri yang ada di Sulsel, Sulbar, Jawadan Bali.

Menyinggung tentang Sulawesi Education and Techno Expo 2018, Andi Lukman atas nama Kopertis IX Sulawesi mengucapakan terima kasih kepada pimpinan perguruan tinggi baik negeri maupun swasta yang ikut berpartisipasi dalam kegiatanini.

Dikatakan, tujuan pelaksanaan pameran perguruan tinggi ini dilaksanakan setiap perguruan tinggi dapat memperkenalkan keunggulan kampusnya masing-masing, sehingga pelajar yang berkunjung dapat memilih perguruan tinggi mana yang sesuai dengan bakat dan minat yang disukai.

Sekarang ini bukan lagi orang tua yang memilihk ananaknya masuk keperguruan tinggi, tetapi pejalar sendirilah yang bias menentukan pilihannya. “Tidak boleh lagi anak-anak dipaksakan memilih kampus tertentu, tetapi dianjurkan memilih perguruan tinggi yang betul-betul disitu sesuai dengan bakatnya,”kunci Andi Lukman.(nasrullah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *