BP-PAUD dan Dikmas Sulsel Peringati Hari Kesaktian Pancasila

RAKYATBERSATU.COM.- Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Halaman Upacara Balai Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (BP-PAUD dan Dikmas) Sulawesi Selatan, Selasa (1/10/2019), berlangsung sederhana.

Tidak seperti biasanya, Kepala BP-PAUD dan Dikmas Sulsel, Pria Gunawan, yang bertindak sebagai inspektur upacara tidak membacakan amanat seragam, setelah pengibaran bendera.

Kendati demikian, proses lainnya tetap berlangsung, seperti pembacaan naskah Pembukaan UUD tahun 1945 dan ikrar. Begitu pula, pembacaan Pancasila yang diikuti peserta upacara.

Bertindak sebagai komandan upacara, kali ini, adalah Kepala Seksi Pengembangan Sumber Daya BP-PAUD dan Dikmas Sulsel, Hernawati Syam.

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, 1 Oktober 2019 mengambil tema, Pancasila sebagai Dasar Penguatan Karakter Bangsa Menuju Indonesia Maju dan Bahagia. Rangkaian kegiatannya sudah dimulai sejak Senin 30 September 2019 hingga 1 Oktober 2019.

Sebelum upacara resmi berlangsung, tanggal 30 September 2019, bendera merah putih berkibar setengah tiang. Itu dilakukan untuk mengenang gugurnya tujuh Pahlawan Revolusi. Sedangkan, tanggal 1 Oktober 2019 pukul 06.00, bendera berkibar kembali berkibar satu tiang penuh.

Pemerintah Orde Baru menetapkan tanggal 1 Oktober sebagai Hari Kesaktian Pancasila yang bermakna sebagai hari perkabungan nasional karena adanya tragedi penculikan dan pembunuhan terhadap Pahlawan Revolusi pada Peristiwa G 30 S.

Setelah tragedi pembunuhan Pahlawan Revolusi itu, terjadi pembersihan semua unsur pemerintahan dari pengaruh PKI mulai dari angota organisasi hingga simpatisan. (rus)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *