Calon Profesor Kopertis IX Lemah Jurnal Internasional

Suasana Rakerda Kopertis IX, Jumat (27/1/2017) di Bira Bulukumba.

rakyatbersatu.com, Bulukumba- Para calon profesor dari jajaran kampus PTS wilayah kerja Kopertis Wilayah IX Sulawesi masih terkendala pada akses dan publikasi jurnal bereputasi internasional yang menjadi salah satu syarat mendapatkan gelar akademik tertinggi Guru Besar (GB).

Demikian ditegaskan Prof Dr Hattah Patta, M.Si salah seorang Tim Penilaian Angka Kredit Kopertis Wilayah IX Sulawesi, ditemui di sela Rakerda Kopertis IX, Jumat (27/1/2017) di Bira Bulukumba.

Dijelaskan, berkas pengurusan para dosen yang akan menuju jenjang Guru Besar, kendala utama pada publikasi artkel imiah pada jurnal bereputasi interna. “Tantangan dan kendala ini harus dicarikan solusi dari para calon profesor di kalangan dosen Kopertis IX,” tandas mantan Dekan Perikanan UMI Makassar ini.

Data terakhir menunjukkan ada 71 Guru Besar yang dimiliki Kopertis IX Sulawesi. Dari jumlah tersebut, sekitar 49 dengan status Dosen Dipekerjakan Kopertis (DPK) serta 22 Dosen Tetap Yayasan (DTY).

Para GB itu masih dominan berkarier di kampus-kampus PTS yang menyebar di Sulsel khususnya di Kota Makassar. Di beberapa kota ada di Parepare, Kendari, Buton, Polman serta Manado, katanya. (yahya)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *