Camaba Unismuh Makassar Dites Baca Alqur’an dan Kemuhammadiyahan

Ustad Ali Hakka saat melakukan tes wawancar dengan calon mahasiswa baru Unismuh Makassar, Senin 17 Juni 2019.-nasrullah-

RAKYATBERSATU.COM.– Calon mahasiswa baru Universitas Muhammadiyah Makassar tahun akademik 2019-2020 tidak hanya  mengikuti tes  tertulis, tetapi juga  mengikuti i tes wawancara.

Dalam tes wawancara calon mahasiswa baru diminta untuk membaca alqur’an. Juga ditanyakan sejauhmana  pemahaman mereka tentang kemuhammadiyahan.

Dari ratusan calon mahasiswa baru yang sudah mengikuti tes baca alqur’an sebagian besar sudah banyak yang lancar, dan juga lainnya  masih perlu lebih banyak melatih diri membaca  qura’an.

 Begitu pula dalam pemahamannya tentang  kemuhammadiyahan, ada beberapa yang sudah tahu dan ada juga kenal  muhammadiyah karena keluarganya orang muhammadiyah.

Ustadz Ali Hakka salah seorang tim penguji saat wawancara dengan beberapa calon mahasiswa baru Unismuh,  Senin 17 Juni 2019 di ruang PMB Unismuh, terlihat  ada camaba yang bacaan Alqura’annya masih perlu ditingkatkan dan beberap lainnya sudah ada yang  lancar.

Ali Hakka  yang juga  dosen Al-Islam Kemuhammadiyahan tidak hanya mengetes  calon mahasiswa baru Unismuh tersebut hanya dengan membaca alqur’an, tetapi juga menanyakan bagaimana salatnya selama ini.

Rupanya sebagian besar sudah  ada yang rajin salat, tetapi bukan salat berjamaah, masih sering salat sendiri-sendiri. Ali Hakka meminta setelah diterima menjadi mahasiswa Unismuh membiasakan diri untuk salat berjamaah di masjid kampus Unismuh.

Ada hal lainnya yang juga ditekankan Ali Hakka kepada calon mahasiswa baru yakni tentang larangan merokok di Kampus  Unismuh Makassar. Meminta setelah jadi mahasiswa Unismuh tidak lagi ada yang merokok di kampus. “Merokok itu haram hukumnya,”tegas Ali Hakka.-nasrullah-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *