Dekan FKIP dan Sastra UNIBOS Makassar Terbitkan Tiga Buku

Dekan FKIP dan Sastra Universitas Bosowa (UNIBOS) Makassar, Dr. Mas’ud Muhammadiyah, M.Si, saat menerima penghargaan penulisan buku dari Rektor UNIBON, rof Dr Ir HM. Saleh Pallu M.Eng. (foto:ist)

RAKYATBERSATU.- Dekan FKIP dan Sastra Universitas Bosowa (UNIBOS) Makassar, Dr. Mas’ud Muhammadiyah, M.Si, tahun 2017 ini menerbitkan tiga buku sekaligus.

Ditemui media di ruang kerjanya, Rabu (23/8/2017) Mas’ud Muhammadiyah menegaskan, ketiga buku yang diterbitkan masing-masing berjudul; Setajam Bahasa Jurnalistik (Semiotika Teks Berita dalam Surat Kabar), Bahasa Iklan Yang Menarik, Gambar pun Mampu Bicara.

Buku Setajam Bahasa Jurnalistik setebal 221 halaman, merupakan hasil penelitian pada tujuh surat kabar yang terbit di Makassar dan Jakarta.

Media cetak itu  yakni; Harian Fajar, Tribun Timur, Rakyat Sulsel, Seputar Indonesia, Surat Kabar Tempo, Kompas dan Republika, tandas doktor ilmu pendidikan bahasa di PPs-UNM ini.

Penulisan buku ini  dengan menggunakan pendekatan analisis semiotika membahas soal, bahasa junalistik, analisis wacana kritis.

Selain itu juga aplikasi semiotika dalama bahasa surat kabar dengan mengamati pada denotasi, penanda dan petanda, bentuk isi, mitos, ideologi, semiotika budaya dan semiotika politik, tegas mantan wartawan Harian Pedoman Rakyat Makassar ini.

Buku Bahasa Iklan yang Menarik setebal, 117 halaman isinya antara lain; semiotika iklan dalam surat kabar, analisis semiotika iklan dalam surat kabar.

Sedangkan buku Gambar Pun Mampu Bicara, isinya mencakup, semiotika gambar dan analisis semiotika gambar dalam surat kabar, kata Sekretaris ADRI Sulsel ini.

Ketiga buku itu diterbitkan dan didistribusikan oleh Pustaka AQ Publising House dan penerbit YLJK2 Indonesia di Jokyakarta.

Saat peringatan HUT Kemerdekaan. 17 Agustus 2017  dari pihak UNIBOS, Mas’ud salah seorang dosen berprestasi  diberi penghargaan, penulisan buku ajar pada buku Bahasa iklan yang Menarik dan Setajam Bahasa Jurnaliastik  oleh Rektor Unibos, Prof Dr Ir HM. Saleh Pallu M.Eng.

Mas’ud Muhammadiyah lahir di Bojo Barru 10 Oktober 1963. Tamat SMAN 2 Parepare 1982. S1 Sastera Indonesia Unhas 1989. S2 Komunikasi Massa PPs-Unhas 2001 dan S3 Pendidikan Bahasa PPs-UNM.

Semasa mahasiswa S1 Unhas aktif di Kelompok Studi Sastra dan Teater (Kosaster), rajin menulis di Harian Pedoman Rakyat dan Fajar.

Pernah kepala humas Unibos dua periode, Wakil Dekan III FKIP dan Bahasa, pembina media kampus Pelopor dan SKK Intektual. (yahya).


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *