Dosen PPs Prodi Penjasor UNM Laksanakan Kegiatan PKM di Sinjai

Ketua Program Kemitraan Masyarakat (PKM 2019), Prof. Dr. Andi Ihsan, M.Kes yang didampingi Hasbi Asyhari, S.Pd, M.Pd sedang memberikan sosialisasi di depan peserta diĀ  SD Neg. No. 84 Sinjai Timur, 19-20 Juli 2019, Kab.Sinjai

RAKYATBERSATU.COM.- Dosen Program Pasca Sarjana (PPs) Program Studi Pendidikan Jasmani dan Olahraga (Prodi Penjasor) Universitas Negeri Makassar yang juga dosen di Fakultas Ilmu Keolahragaan UNM, Prof. Dr. Andi Ihsan, M.Kes (Ketua) dan Hasbi Asyhari, S.Pd, M.Pd (Anggota) melaksanakan kegiatan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) di Kabupaten Sinjai, Jumat dan Sabtu (19-20) Juli 2019 di SD Neg. No.84 Sinjai Timur, Kab.Sinjai.

Kegiatan yang dilakukan adalah Sosialisasi Pengukuran Tingkat Kesegaran Jasmani Murid SD Neg. No.84 Kab. Kegiatan ini merupakan bagian penting atas kerjasama antara Prodi Penjasor Program Pascasarjana UNM dalam melakukan pengabdian masyarakat di bawah naungan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) UNM yang di ketuai oleh Prof. Dr. H. Bakhrani Rauf, MT.

“Perlu kami sampaikan bahwa seluruh peserta sosialisasi pada prinsipnya telah mengerti serta memahami tujuan dan manfaat dari kegiatan yang telah kita berikan, bahkan peserta sudah dapat melakukan tes dan pengukuran tingkat kesegaran jasmani dan sekaligus dapat mengetahui tingkat kesegaran jasmani mereka dengan menggunakan TKJI (Tes Kesegaran Jasmani Indonesia) yang terdiri atas 5 item tes yang dilaksanakan secara berurut dan sistematis,”ujar Prof. Andi Ihsan selaku ketua dalam kegiatan PKM tersebut yang didampingi oleh Hasbi Asyhari, M.Pd sebagai anggota.

Sementara itu salah seorang peserta, Erwin, S.Pd menyatakan respon positifnya terhadap kegiatan tersebut dan mengakui bahwa selama kegiatan dirinya dan peserta lainnya sangat antusias karena selain mengerti, paham sekaligus dapat melaksanakan dan mengetahui tingkat kesegaran jasmani mereka.

“Saya dan teman lainnya tentu dengan adanya sosialisasi ini sangat membantu dan bermanfaat bukan hanya pada guru-guru Penjas tetapi juga kepada seluruh murid yang menjadi peserta sosialisasi baik kelas 4, 5 dan 6 yang total pesertanya mencapai 80 orang yang terdiri dari Guru Penjas dan alumni 4 orang, murid laki-laki sebanyak 35 orang, murid perempuan sebanyak 41 orang, serta Kepala Sekolah dan Wakil Kepala Sekolah itu sendiri,”ungkap Erwin, S.Pd yang diamini peserta lainnya, Andi Nur Anshari Amalia, S.Pd.

Item TKJI terdiri dari Lari 40 meter, gantung siku tekuk, baring duduk 30 detik, loncat tegak dan lari 600 meter. (Wahyudin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *