Dosen Unismuh Makassar Ikuti Workshop dan Pelatihan Tracer Studi di ITB

 Wakil Dekan III Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Unismuh Makassar, dr Irwan Ashari dan Sekretaris  PLPKIK Unismuh, Nasharuddin, S.Pd, M.Sc bersama feserta workshop dari sejumlah perguruan tinggi se Indonesia.-ist-

RAKYATBERSATU.COM.- Wakil Dekan III Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan  Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, dr Irwan Ashari, M.Med bersama  Sekretaris Pusat Layanan Karir dan Informasi Kerja (PLPKIK) Unismuh Makassar, Nasharuddin, S.Pd, M.Sc,  baru – baru ini mengikuti workshop dan pelatihan Tracer Study  selama tiga hari di Institut Teknologi Bandung (ITB).

Kegiatan ini diselenggarakan oleh  Indonesia Career Center Network (ICCN). Dikuti sekira 120 perwakilan kampus se Indonesia.

 Salah satu materi workshop dan pelatihan aplikasi tracer adalah  Manajemen,  Tracer, Problematika dan Manfaat. Ini  ini  nantinya akan digunakan  dalam melakukan tracer studi sampai pengolahan data sesuai kebutuhan pusat karir dan trace studi Belmawadikti.

Presiden Career Center Network (ICCN), Dr Eng Bambang Setia Budi salah satu dari pemateri dalam acara ini menyampaikan beberapa manfaat dan tracer study  untuk perguruan tinggi dan program studi.

Diantaranya  menjadi evaluasi fasilitas dan pelayanan untuk mahasiswa, untuk meningkatkan akrditasi jurusan dan juga sekaligus memberikan usulan program perbaikan kurikulum pada setiap program studi guna memenuhi kebutuhan industry 4.0.

Nasharuddin kepada media mengatakan, pada hari ketiga kegiatan pelatihan materi yang diberikan bagaimana setiap kampus meningkatkan responrate dan Tracer Study yang dilakukan serta  melakukan Tracer  untuk user survey selaku penggunan jasa dari perguruan tinggi.

Diakhir pertemuan, sebut Nasharuddin,  Sekretaris ICCN, Prof Nuni Gafar, juga menyampaikan hubungan Tracer Study dan 9 kriteria akreditasi perguruan tinggi. Prof Nuni Gafar, menyatakan bahwa setiap  kriteria  membutuhkan hasil tracer study sebagai bahan evaluasi terhadap kinerja perguruan tinggi dalam hal output dan outcame.(nasrullah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *