Dosen Unismuh Perkenalkan Teknologi Kappaphycus Alvarezii Dryer yang Efektif dan Efisien

RAKYATBERSATU.COM.– Dosen Unismuh Makassar, Riskawati, S.Pd. M.Pd selaku ketua tim  bersama anggotanya Syarifuddin, S.Pd, M.Pd  dan dua orang dari mahasiswa, baru-baru ini melakukan kegiatan pengabdian masyarakat kepada petani rumput laut.

 Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang menggunakan dana bantuan  dari Kemenristekdikti ini untuk  memperkenalkan  teknologi Kappaphycus Dryer yang efektif dan efisien  atau mensosialisasikan  rancangan dan keunggulan dari teknologi  pengering rumput laut.

Riskawati yang juga ketua tim mengatakan, sosialisasi yang dilaksanakan ini  merupakan kegiatan awal dari beberap rangkaian kegiatan dalam program pengabdian kepada masyarakat.

Dalam kegiatan ini Riskawati didampingi salah satu anggota mitra dalam memulai kegiatan sosialisasi tersebut.

Berdasarkan bidang ilmunya di Fisika, beliau menjelaskan mengenai rancangan teknologi pengering rumput laut kepada masyarakat dan memaparkan bagaimana teknologi tersebut bekerja.

Menurut Riskawati dengan adanya alat ini nantinya para pengusaha rumput laut tidak usah bersusah payah lagi mengeringkan rumput lautnya di ruang terbuka (pinggir jalan) yang selain mengganggu pengguna jalan yang lewat dengan metode tersebut juga bergantung pada sinar matahari yang datangnya musiman.

 Syarifuddin menambahkan bahwa dengan menggunakan teknologi pengering rumput laut yang dirancang ini nantinya hasil rumput laut yang kering tidak dalam keadaan kotor karena debu dan tanah yang bersentuhan langsung, akan tetapi rumpu laut yang dihasilkan nanti lebih bersih dan higienis serta dari segi biaya sangat dan sangat murah.

“Semoga kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik dan betul-betul sesuai dengan yang diharapkan,”ujar Syarifuddin.

Ketua Mitra  Arifin Dg Tojeng, mengatakan, penduduk disini dalam hal ini petani rumput laut kesulitan mencari tempat untuk mengeringkan rumput lautnya serta terkadang rumput laut  rusak akibat hujan sehingga pendapatan petani menurun pada musim hujan.

Arifin berharap dengan penggunaan teknologi  baru pengering rumput laut ini tidak ada lagi rumput laut yang rusak khususnya pada saat musim hujan sehingga kesejahteraan petani lebih meningkat lagi. (nasrullah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *