Dosen UNM Ajarkan Tes dan Pengukuran Keterampilan Tenis Lapangan pada Pelatih

RAKYATBERSATU.COM.– Dosen Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Makassar (FIK-UNM), Dr. Hasbunallah AS, M.Pd (Ketua), Dr. Hasyim, M.Pd (Anggota) dan Dr. Adam Mappaompo, M.Pd (Anggota) mengambil bagian penting dalam Program Kemitraan Masyarakat (PKM) di bawah koordinasi Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) UNM tahun 2020 yang mengajarkan tentang Tes dan Pengukuran Keterampilan Permainan Tenis Lapangan pada Pelatih di Masa Social Distancing dalam Menghadapi Pandemic Covid-19 di Kota Makassar.

Ketua Pelaksana PKM, Dr. Hasbunallah AS, M.Pd mengatakan bahwa fungsi dari tes dan pengukuran tersebut adalah mengadakan klasifikasi atlet, kemudian untuk menentukan status dari atlet itu sendiri, sebagai bahan mengadakan diagnosa dan bimbingan, sebagai sarana pemberian motivasi dan sekaligus untuk perbaikan pelatihan itu sendiri.

“Perlu saya tegaskan bahwa tes itu sendiri merupakan sebuah instrument yang digunakan untuk mendapatkan suatu informasi tentang individu atau pun objek-objek sementara pengukuran itu sendiri adalah proses pengumpulan data atau informasidari suatu objek tertentu dan dalam proses pengukuran diperlukan suatu alat ukur. Oleh karena itu, item tes dan pengukuran tenis lapangan yang kami berikan dalam kegiatan PKM ini adalah tes kecepatan servis, tes forehand dan backhand (drive) ditambah satu lagi yakni tes rally tenis,”tegas Hasbunallah AS yang juga Sekretaris Jurusan PGSD Dikjas FIK UNM tersebut kepada Wartawan rakyatbersatu.com, Senin (20/7/2020).

Lebih lanjut Hasbunallah AS menegaskan bahwa apa yang dilakukan timnya dalam PKM tersebut merupakan salah satu kebijakan Rektor UNM Prof. Dr. H. Husain Syam M. TP, yang senantiasa memberikan saran, support, serta memberikan ruang kepada dosen UNM untuk menjalankan program Pengabdian Kepada Masyarakat dalam rangka berbagi khasanah keilmuan yang edukatif kepada masyarakat.

PKM yang berlangsung dari tanggal 15 s.d 17 Juni 2020 di Kota Makassar dengan jumlah peserta sebanyak 20 orang itu, mendapat respon yang baik dari seluruh pelatih tenis lapangan di Kota Makassar. Salah seorang pelatih tenis, Irwin, S.Pd, M.Pd memberikan apresiasi positif dan merasa sangat bersyukur dengan adanya kegiatan PKM yang berkaitan dengan tenis lapangan tersebut.

“Kegiatan PKM ini sangat bermanfaat bagi kami sebagai pelatih karena bertambah pengetahuan terkait dengan tes dan pengukuran keterampilan permainan tenis lapangan apalagi di masa social distancing dalam menghadapi pandemic Covid-19 dan mudah-mudahan kami dapat menerapkannya kepada para atlet kami,”ungkapnya. (Wahyudin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *