FE-UNM Latih Warga Tana Beru Bulukumba Membuat Produk Ekonomis dari Serbuk Kayu

RAKYATBERSATU.COM. Bersama warga Desa Tanah Beru, Bulukumba, dosen Fakultas Ekonomi (FE-UNM) Universitas Negeri Makassar melaksanakan program kemitraan masyarakat dengan tema Pemanfaatan Serbuk Kayu dalam Pembuatan Produk Ekonomis yang diketuai Prof.Dr.Romansyah Sahabuddin, M.Si.

Kegiatan Pengabdian Masyarakat bekerjasama Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) UNM di Desa Tanah Beru Kecamatan Bontoh Bahari Kabupaten Bulukumba Provinsi Sulawesi Selatan ini terlaksana dengan baik, bahkan warga desa menyambut hangat kegiatan yang bermanfaat ini,

Kegiatan ini dilaksanakan di  Bulukumba karena merupakan daerah penghasil Perahu Phinisi, maka bukan suatu kesulitan untuk mendapatkan limbah serbuk kayu.

Prof.Dr.Romansyah mengatakan bahwa selama ini belum banyak yang memanfaatkan limbah serbuk kayu secara optimal, misalnya menjadikannya sebagai bahan dasar pem buatan pupuk kompos. Dan di Tana Beru ini serbuk kayu cukup banyak tersedia.

“Limbah serbuk kayu dapat dimanfaatkan sebagai bahan dasar pupuk kompos untuk mengatasi dan memperbaiki kesuburan lahan tidak hanya dimanfaatkan sebagai bahan dasar pupuk namun juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan dasar pembuatan kompor ekonomis untuk membantu masyarakat dalam mengatasi penggunaan BBM dan Gas yang harganya relatif mahal, ” ungkap Prof.Dr.Romansyah.

Dekan Fakultas Ekonomi UNM ini berharap pelatihan membuat pupuk kompos dan kompor ekonomis bagi warga Desa Tana Beru dapat bermanfaat, bahkan bisa meningkatkan pendapatan warga desa.

“Setelah pelatihan ini kami berharap warga desa tidak lagi menyianyiakan limbah serbuk kayu, tetapi menjadikan sebagai limbah yang bermanfaat secara ekonomis. Selain itu dapat juga mengatasi dampak pencemaran lingkungan hidup,” tandasnya. (wahyudin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *