FEB Unismuh Latih Mengelola Bumdes, Ini Tanggapan Kadis PMD Takalar

Wakil Rektor III Unismuh Makassar, Dr Muhammad Tahir (kiri),  Kadis PMD Takalar, Andi Guntur Hakim (tengah) dan Dekan FEB Unismuh Makassar, Ismail Rasulong (kanan), foto usai pembukaan, Senin (2/4/2018). foto nas

RAKYATBERSATU.COM. – Center for Social Entrepreneurship Development (CSED) Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Muhammadiyah Makassar melakukan kerjasama dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Takalar melakukan pelatihan pengelolaan keuangan  BUMDES selama tiga hari  dimulai Senin – Kamis(2 – 5/4/2018), di Hotel Unismuh Makassar.

Pelatihan mengelola BUMDES yang diikuti perwakilan dari 20 desa se Kab.Takalar dibuka oleh Wakil Rektor III Unismuh Makassar, Dr Muhammad Tahir yang sekaligus mewakil rektor. Acara ini dihadiri Kepala Dinas PMD Kabupaten Takalar, Andi Guntur Hakim, Dekan FEB Unismuh, Ismail Rasulong, Direktur Humas, Dr H Mahmud Nuhung, Wadek III, Samsul Rizal, dan pemateri dari Unismuh.

Kegiatan pelatihan mengelola keuangan BUMDES ini, dimaksudkan untuk memaksimalkan lebih semangat pengembangan lembaga sosial entrepreneurship  di desa.

Kadis PMD Takalar, Andi Guntur Hakim, dalam sambutannya,  merespon positif kegiatan pelatihan mengelola BUMDES ini. Merujuk kepada UU Desa itu bagaimana membangun desa yang lebih maju, maka salah satunya adalah mengembangkan pengelolaan BUMDES. “Dalam pengelolaan desa saat ini perlu meninggalkan pola-pola lama, agar bisa mengangkat perekonomian masyarakat desa bisa lebih terangkat.

Andi Guntur, mengatakan, keberadaan Bumdes di tiap desa, yang saat ini baru terbentuk di 26 desa, ini bisa menjadi lokomotif ekonomi desa. Dikatakan, tahun 2018 ini, ada 6 desa di Takalar mendapatkan dana desa sebesar Rp2,4 miliar. “Setengahnya saja untuk dipakai mengelola Bumdes, maka itu bisa mengangkat perekonomian dan kesejahteraan masyarakat desa,”ujar Andi Guntur.

PMD Takalar selain membentuk Bumde di 76 desa di Takalar,  juga telah merencanakan akan membentuk BUMDES bersama di kecamatan. Dan karena Takalar ini memiliki 9 kecamatan maka BUMDES Bersama  aka nada 9 yang akan dibentuk.

Sementara Wakil Rektor III, Dr Muhammad Tahir, dalam sambutannya juga merespon positif kerjasama PMD Takalar dengan Unismuh Makassar dalam hal ini Fekultas Ekonomi dan Bisnis didalam membangun perekonmian desa melalui BUMDES.

Wakil Rektor III, juga berharap kerjasama ini terus dilanjutkan  dalam waktu-waktu mendatang dan berharap kalau ada kegiatan pemberdayaan turut serta melibatkan mahasiswa Unismuh Makassar. (nas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *