Ishak Runi Doktor Ke-203 Ilmu Manajemen PPs UMI Makassar

Ketua STISIP Veteran Palopo, Dr Muhammad Ilyas foto bersama dengan Dr H Ishak Runi dan keluarga di PPs UMI Makassar, Selasa 12 September 2017.-Foto: nasrullah

RAKYATBERSATU- Ujian promosi doktor H Ishak Runi  pada Program Studi Doktor Ilmu Manajemen PPs UMI Makassar, Selasa 12 September 2017   berjalan lancar. Ishak Runi lulus dengan predikat sangat memuaskan. Di Program Pascasarjana  UMI saat ini, Ishak Runi merupakan doktor ke 203 Ilmu Manajemen PPs UMI Makassar.

Dosen DPK Kopertis IX Sulawesi yang diperbantukan di STISIP Veteran Palopo ini mengambil judul  disertasi ‘Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi, Kompetensi,  terhadap Kepuasan dan Kinerja Dosen Perguruan Tinggi Swasta  Kopertis IX Sulawesi di Sulsel’.

Ujian promosi doktor dipimpin  Direktur Pascasarjana Prof Dr H Basri Modding, SE,M.Si. Dihadiri tiga tim promotor, Prof Dr H Mansyur Ramly, SE,M.Si, Prof Dr Hj Syamsu Nujum, SE,M.Si dan Dr Hj Rostina Kalla, SE,M.Si.   Dengan enam orang  dosen penguji, yakni  Prof Dr  H Basri Modding, SE,M.Si, Prof Dr H Baharuddin Samaela, SE,M.Si,  Prof Dr H Mahfudnumajamuddin, SE,MM, Dr Roslina Alam, SE,M.Si, dan dua orang penguji, yakni Prof Dr H Ma’ruf Hafidz, SH,MH, dan Prof Dr HM Djabir Hamzah, MA.

Dari Palopo hadir Ketua STISIP Veteran Palopo Dr Muhammad Ilyas,ketua yayasan, dosen dan staf serta undangan  Kopertis IX Sulawesi, Wakil Ketua III STKIP Yapim Maros Dr Ahdan Sinilele dan keluarga.

Ishak Runi dalam disertasinya menyimpulkan bahwa kepemimpinan  memberikan kontribusi  nyata dan berarti terhadap kepuasan  kerja dosen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa indikator inspirasi pemimpin sebagai faktor dari kepemimpinan lebih menunjukkan kepuasan kerja yang mendorong dalam peningkatan kinerja dosen.

Dibandingkan indikator kharismatik sebagai faktor kepemimpinan yang menunjukkan kategori yang masih membutuhkan peningkatan dalam mencegah ketidakpuasan dosen, sehingga perguruan tinggi di Kopertis IX Sulawesi perlu memperhatikan hal itu  untuk meningkatkan  kepuasan dan kinerja dosennya.

Selain itu, motivai, kompetensi serta komitmen dosen memberikan kontribusi nyata dan berarti terhadap kinerja dosen. Namun perguruan tinggi masih perlu menciptakan  suasana lingkungan kerja yang nyaman dan penguatan komunikasi yang baik untuk dapat meningkatkan kinerja dosen.(nasrullah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *