IYL Raih Cum Laude dan Resmi Menyandang Gelar Doktor

RAKYATBERSATU.COM. Ichsan Yasin Limpo (IYL) mulai hari ini, Kamis (8/2/2018) resmi menyandang gelar doktor di bidang hukum pendidikan setelah mempertahankan disertasinya berjudul “Politik Hukum Pendidikan Dasar Dalam Sistem Pendidikan Nasional” dalam Ujian Promosi Doktor di Auditorium Prof Amiruddin Fakultas Kedokteran, Universitas Hasanuddin Makassar.

“Setelah mempertimbangkan jawaban serta tanggapan atas sanggahan para promotor, co-promotor, serta penguji, maka Saudara Ichsan Yasin Limpo dinyatakan lulus dengan predikat Cum Laude dengan nilai disertasi A dan IPK 3,98,” tegas Koordinator Promotor Ujian Promosi Doktor IYL, Prof Dr Farida Patittingi, saat membacakan keputusan yudisium IYL.

“Mulai hari ini, tepatnya pukul 11.55 Wita, Saudara Ichsan Yasin Limpo berhak memakai gelar doktor dan tidak dapat diganggu gugat. Selanjutnya, diminta untuk mempublikasikan karya ini di tiga jurnal internasional,” tambahnya.

Farida berharap, ilmu yang diperoleh IYL dapat digunakan sebaik-baiknya untuk kemaslahatan masyarakat bangsa dan negara Indonesia, terkhusus di Sulsel.

Sebelumnya, Hamdan Zoelva yang mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Indonesia yang menjadi penguji eksternal IYL mengaku kagum dengan disertasi Ichsan.

“Saya sudah membaca disertasi ini, dan saya mengamati bahwa karya ini merupakan karya yang ditulis dengan serius,” tutur Hamdan disambut aplaus dari seluruh peserta ujian promosi doktor IYL yang memadati aula.

Menurut Hamdan, kekagumannya terhadap disertasi IYL dikarenakan adanya perbandingan sistem pendidikan di tujuh negara yang dikupas tuntas dalam karya ilmiah tersebut.

“Perbandingan sistem pendidikan di tujuh negara ini luar biasa, dan butuh kerja keras sebab itu sangat berat. Tidak bisa dilakukan oleh mahasiswa biasa. Temuan dan rekomendasinya sangat menarik,” tambahnya.(rbc/int)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *